Koswara, Asep (2017) Pengaruh tingkat distribusi pendapatan dan biaya promosi terhadap volume penjualan produk busana muslim: Studi terhadap toko online dengan sistem dropship (Alzyra)). Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI .pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (451kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (643kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti untuk mengetahui sejauh mana pengaruh tingkat distribusi pendapatan dan biaya promosi berbasis digital terhadap volume penjualan produk busana muslim di Alzyra online store. Adapun hipotesis yang diajukan adalah besaran distribusi pendapatan dan biaya promosi digital diduga berpengaruh terhadap tingkat volume penjualan. Penelitian awal melalui analisis laporan keuangan menunjukan bahwa diakhir tahun 2016 terdapat penurunan volume penjualan. Penurunan itu tidak sesuai dengan teori karena faktanya ada kenaikan distribusi pendapatan dan biaya promosi digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh besaran distribusi pendapatan dan biaya promosi berbasis digital terhadap tingkat volume penjualan produk busana Muslim di Alzyra online store. Besaran distribusi pendapatan dan biaya promosi berbasis digital berperan sebagai variabel bebas (X1 dan X2), sedangkan volume penjualan berperan sebagai variabel terikat (Y). Aplikasi penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel mana yang dominan mempengaruhi tingkat volume penjualan. Teori yang digunakan untuk mendukung pembahasan dalam penelitian ini adalah teori dan konsep marketing konvensional yang didukung dengan kajian ekonomi Islam. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini adalah setiap perusahaan memiliki orientasi untuk mendapatkan profit dalam usahanya. Salah satu cara mendapatkan profit yang lebih besar adalah dengan meningkatkan volume penjualan. Peningkatan volume penjualan bisa didapatkan dengan meningkatkan biaya promosi. Namun disamping itu dari sudut pandang distribusi, perusahaan juga harus mendistribusikan pendapatannya dengan adil. Secara konvensional, ada 4 komponen distribusi pendapatan yakni wages, interest, rent dan profit. Sementara islam hanya menerima tiga hal saja yakni wages, rent dan profit; tanpa interest karena itu diharamkan. Demikian juga dalam prihal promosi, islam memiliki aturan khusus yang mengikat yang kemudian dijadikan pendukung analisa penelitian ini. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menganalisis laporan keuangan terkait dengan besaran distribusi pendapatan meliputi besaran gaji pegawai (wages), biaya sewa (rent) dan besaran keutungan yang ditetapkan (profit), biaya promosi digital serta volume penjualan periode 2015 sampai 2016. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liner berganda dimana pengujian hipotesis secara simultan maupun parsial dilakukan dengan menggunakan sofware eviews 10. Hasil penelitian menunjukan bahwa besaran distribusi pendapatan serta biaya promosi digital berpengaruh secara simultan terhadap volume penjualan. Dari analisis data, didapatkan Nilai R-Square sebesar 0.711237 yang menunjukkan bahwa proporsi pengaruh besaran distribusi pendapatan serta biaya promosi digital terhadap volume penjualan sebesar 71,12%, sedangkan sisanya sebesar 28,88% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sementara secara parsial, besaran distribusi pendapatan (X1) memiliki nilai koefesien -0.325106 dan prob t sebesar 0.4923 yakni lebih besar dari 0,05; itu artinya X1 tidak berpengaruh bahkan cenderung negatif terhadap volume penjualan. Hal itu terjadi karena besaran distribusi pendapatan Alzyra belum memenuhi unsur keadilan. Kemudian pengaruh biaya promosi digital berpengaruh terhadap volume penjualan yang terlihat dari nilai koefesien sebesar 6.296931 dan prob t sebesar 0.0003 lebih kecil dari 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | volume penjualan; dropship; toko online; distribusi pendapatan; biaya promosi |
Subjects: | Administration of Economy > Administration of Commerce |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam |
Depositing User: | Asep Koswara |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 03:08 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 03:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95935 |
Actions (login required)
View Item |