Nasution, Hindun (2024) Strategi Kreator konten dalam dakwah di media sosial: Studi deskriptif pada akun Instagram @mubadalah.id. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (406kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
Abstract
Dalam kaitannya dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, strategi menjadi sangat penting dalam berdakwah, khususnya di media sosial. Instagram merupakan salah satu media sosial yang memiliki peluang besar dalam menyebarkan pesan dakwah karena cepat mudah dan praktis. Namun jika tidak digunakan dengan bijak instagram juga dapat memberikan dampak negatif bagi penggunanya. Oleh karena itu, kreator konten yang berperan sebagai da’i di media sosial harus mampu mengemas konten dakwah dengan menarik dan relevan sehingga dapat menonjol di tengah maraknya konten yang kurang mendidik. Akun Instagram @mubadalah.id merupakan salah satu contoh inovatif dalam memanfaatkan media sosial untuk dakwah. Akun ini dikenal dengan pendekatannya yang inklusif dan progresif, terutama dalam mengangkat isu-isu terkait kesetaraan gender dan keadilan dalam perspektif Islam. Melalui konten yang kreatif dan edukatif, @mubadalah.id berhasil menarik perhatian ribuan pengikut yang tertarik dengan dakwah yang relevan dengan isu-isu kontemporer. Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi yang digunakan oleh kreator konten dalam mengemas konten dakwah di akun instagram @mubadalah.id mulai dari strategi perumusan, implementasi hingga evaluasi efektivitas dari strategi tersebut dalam mencapai audiens yang luas. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi dan wawancara. Penelitian ini juga menggunakan teori manajemen strategi Fred R. David yang mengemukakan bahwa terdapat 3 tahapan dalam proses strategi diantaranya yaitu perumusan, implementasi dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi kreator konten dalam berdakwah di media sosial. Adapun bentuk strategi yang digunakan yaitu strategi perumusan, implementasi dan evaluasi. Strategi perumusan terdiri dari identifikasi target audiens, penentuan tema konten, penentuan judul konten, dan pembuatan naskah konten. Strategi implementasi terdiri dari pembuatan konten grafis, menggunakan perspektif mubadalah, penulisan caption, dan publikasi konten. Stratgei evaluasi terdiri dari merespon komentar dan share, peninjauan konten setelah diunggah 2-3 hari, dan evaluasi yang melibatkan seluruh tim mubadalah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | @mubadalah.id; Strategi Dakwah; Kreator Konten; Instagram |
Subjects: | Islam Islam > Da'wah Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media General Management > Planning and Strategic Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Hindun Suaidah Dini Nasution |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 02:44 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 02:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96182 |
Actions (login required)
View Item |