Ihsanti, Shofiyatunnisa (2024) Pemberdayaan pemuda dalam meningkatkan Enterpreneur Muda di Kota Bandung : Studi kasus pada program CSR Cempor di Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (208kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) | Request a copy |
||
Text
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) | Request a copy |
Abstract
Indonesia: Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung dalam menciptakan pengembangan infrastuktur kepemudaan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas hidup dan daya saing para entrepreneur muda di Kota Bandung dalam mengembangkan potensi bisnis dan wirausaha mengadakan sebuah program yang bernamakan CSR (Corporate Social Responsibility) Cempor. Program CSR Cempor terpilih menjadi objek penelitian karena Program CSR Cempor berkaitan dengan Pemuda, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung memperdayakan pemuda sebagai potensi lain yang dimiliki sebagai aset ekonomi dalam pembangunan dan perkembangan ekonomi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses Program CSR Cempor yang dilakukan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung sebagai penyelenggara dari Program CSR Cempor. Peneliti mendeskripsikan program CSR Cempor berdasarkan tiga aspek yaitu dimensi lingkungan (planet), dimensi sosial (people), dan dimensi ekonomi (profit). Penelitian ini menggunakan perspektif Konsep The Triple Bottom Line yang dikemukakan oleh John Elkington dengan menggunakan paradigma konstruktivistik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan mengumpulkan data-data yang valid menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan observasi partisipatori pasif. Hasil Penelitian dapat diketahui bahwa Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung melakukan program CSR yang bernamakan CSR Cempor dapat dilihat dari tiga aspek. (1) Dimensi lingkungan (planet) dalam memberikan pelatihan untuk meningkatkan enterpreuner muda di Kota Bandung. (2) Dimensi sosial (people) CSR Cempor dalam memberikan pendampingan untuk meningkatkan enterpreuner muda di Kota Bandung. (3) Dimensi ekonomi (profit) CSR Cempor dalam memberikan modal untuk meningkatkan enterpreuner muda di Kota Bandung. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung melakukan program CSR yang bernamakan CSR Cempor dapat dianalisis melalui konsep The Triple Bottom Line pada pelaksanaan program CSR Cempor sebagai upaya untuk meningkatkan enterpreneur muda di Kota Bandung. English: The Bandung City Youth and Sports Office in creating the development of youth infrastructure with the aim of increasing the living capacity and competitiveness of young entrepreneurs in the city of Bandung in developing business potential and entrepreneurship held a program called CSR (Corporate Social Responsibility) Cempor. This research aims to explain the process of the Cempor CSR Program carried out by the Bandung City Youth and Sports Office as the organizer of the Cempor CSR Program. The researcher describes the Cempor CSR program based on three aspects, namely the environmental dimension (planet), the social dimension (people), and the economic dimension (profit). This research uses the perspective of The Triple Bottom Line Concept proposed by John Elkington using a constructivist paradigm. The research method used is a case study by collecting valid data using in- depth interview data collection techniques and passive participatory observation. The results of the research can be seen that the Bandung City Youth and Sports Office conducts a CSR program called CSR Cempor can be seen from three aspects. (1) The environmental dimension (planet) in providing training to improve young entrepreneurs in the city of Bandung. (2) The social dimension (people) of Cempor CSR in providing assistance to increase young entrepreneurs in the city of Bandung. (3) The economic dimension (profit) of Cempor's CSR in providing capital to increase young entrepreneurs in the city of Bandung. Based on the results of the research, it can be seen that the Bandung City Youth and Sports Office conducts a CSR program called CSR Cempor can be analyzed through the concept of The Triple Bottom Line in the implementation of the Cempor CSR program as an effort to increase young entrepreneurs in the city of Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Corporate Social Responsibility; Enterpreneur; Cempor |
Subjects: | Political Process > Campaigns for Nominations |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Shofiyatunnisa Ihsanti |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 02:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 02:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96207 |
Actions (login required)
View Item |