Personal Branding Mutiara Amadea sebagai Cover Singer melalui media sosial Tiktok: Studi deskriptif kualitatif pada akun Tiktok @Mutiaraamadea

Cahyaningrum, Anastasia Anisa (2024) Personal Branding Mutiara Amadea sebagai Cover Singer melalui media sosial Tiktok: Studi deskriptif kualitatif pada akun Tiktok @Mutiaraamadea. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_ Cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_ Daftar Isi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_ Bab 1.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_ Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_ Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_ Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_ Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia Personal branding merupakan proses untuk menciptakan citra diri yang diakui dan dikenali oleh publik. Proses ini melibatkan berbagai aspek dari individu tersebut, seperti kepribadian, potensi, dan kualitas unik yang membedakannya dari orang lain. Semua elemen ini berkontribusi dalam membangun identitas yang kuat dan konsisten, yang dapat dikenali oleh audiens atau pengikutnya. Platform ini memberikan individu kesempatan untuk menampilkan diri mereka kepada dunia secara lebih luas dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya membangun personal branding yang digunakan oleh @mutiaraamadea di media sosial tiktok, menggunakan konsep Circle-P yang diperkenalkan oleh Silih Agung Wasesa. Penelitian ini diteliti menggunakan konsep Circle-P ini mencakup lima aspek utama: kompetensi, koneksi, kreativitas, kepatuhan, dan kontribusi, untuk mengetahui bagaimana langkah Mutiara Amadea membangun branding-nya di tiktok. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivistik. Pengumpulan data melalui teknik wawancara mendalam serta observasi partisipasif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa mutiara amadea melakukan lima aspek personal branding antaranya,1)Competency: Mutiara Amadea memanfaatkan dan mengembangkan hobinya sebagai cover singer, dengan ciri khas suara yang dimiliki yakni Breathy Falsetto. 2)Connectivity: Mutiara Amadea berhasil menciptakan personal branding melalui cover lagu yang dinyanyikannya di media sosial tiktok sehingga dapat berinteraksi dengan Followers & Kreator. 3)Creativity: Dea menambahkan ciri khas dengan melakukan konten planning lalu dalam kontennya dengan penggunaan intro kata, serta font dan animasi yang unik. 4)Compliance: Mutiara Amadea merespons permintaan pendengar dengan membawakan lagu yang diminta melalui fitur komentar untuk mempertahankan reputasi citra diakun pribadinya. 5)Contribution: Dea memberikan kontribusi yang berarti dengan menyanyikan lagu-lagu yang sedang populer dan banyak didengarkan sebagai bentuk relevansi konten bagi pendengar yang pada gilirannya memberikan semangat dan hiburan bagi audiens. Inggris Personal branding is the process of creating a self-image that is recognized and acknowledged by the public. This process involves various aspects of the individual, such as personality, potential, and unique qualities that set them apart from others. All these elements contribute to building a strong and consistent identity that can be recognized by its audience or followers. This platform gives individuals the opportunity to showcase themselves to the world in a broader and more efficient way. This research aims to understand the efforts in building personal branding utilized by @mutiaraamadea on the social media platform TikTok, using the Circle-P concept introduced by Silih Agung Wasesa. This research is conducted using the Circle-P concept, which encompasses five main aspects: competence, connection, creativity, compliance, and contribution, to understand how Mutiara Amadea builds her branding on TikTok. This research was conducted using a descriptive method and a qualitative approach with a constructivist paradigm. Data collection through in-depth interviews and participatory observation. Research findings indicate that Mutiara Amadea engages in five aspects of personal branding, including: 1) Competency: Mutiara Amadea utilizes and develops her hobby as a cover singer, characterized by her unique voice, which is a Breathy Falsetto. 2) Connectivity: Mutiara Amadea successfully creates personal branding through the cover songs she performs on social media platforms like TikTok, allowing her to interact with followers and creators. 3) Creativity: Dea adds a distinctive touch by planning her content, incorporating unique introductory phrases, fonts, and animations in her posts. 4) Compliance: Mutiara Amadea responds to listener requests by performing the songs requested through the comment feature to maintain her reputation on her personal account. 5) Contribution: Dea makes a significant contribution by singing popular songs that are widely listened to, serving as a form of content relevance for the audience, which in turn provides motivation and entertainment for them.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Personal Branding; Circle Personal; Tiktok
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Anastasia Anisa Cahya Ningrum
Date Deposited: 05 Sep 2024 06:55
Last Modified: 05 Sep 2024 06:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96364

Actions (login required)

View Item View Item