Kadam, Muhammad Irvan Maulana (2024) Penerapan metode Story Telling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: penelitian pada siswa di kelas VIII MTs At-Taqwa Putra Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (317kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh proses belajar mengajar yang monoton sering kali menjadi salah satu penyebab utama kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Ketika metode pengajaran tidak bervariasi dan cenderung bersifat satu arah, siswa mudah kehilangan motivasi terhadap materi yang disampaikan. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa salah satunya dengan menggunakan metode Story Telling di kelas VIII Mts At-Taqwa Putra Bekasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Penerapan Metode Story Telling Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII Mts At-Taqwa Putra Bekasi. 2) Motivasi belajar siswa sebelum menggunakan Metode story Telling pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII Mts At-Taqwa Putra Bekasi.3) Peningkatan motivasi belajar siswa di kelas VIII Mts At-Taqwa Putra Bekasi setelah menggunakan metode Story Telling. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dapat ditingkatkan melalui penerapan berbagai metode pembelajaran antara lain metode Story Telling. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah penerapan metode Story Telling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII Mts At-Taqwa Putra Bekasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan metode quasi eksperimen dengan sampel keseluruhan 40 siswa kelas VIII A dan VIII B. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya adalah uji validitas, reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, paired sample t-test, uji homogenitas, independent sample t-test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukan: Penerapan metode Story Telling sangat baik sekali, dilihat dari hasil observasi yang dilakukan oleh observer terhadap sintaks yang digunakan pada saat pembelajaran berlangsung Peningkatan motivasi belajar setelah menggunakan Metode Story Telling adalah sebesar 0,726. Hasil tersebut didapatkan dari hasil uji N-Gain yang apabila dikategorikan termasuk ke dalam kategori peningkatan yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Story Telling; Motivasi Belajar |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Irvan Maulana Kadam |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 00:45 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 00:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96391 |
Actions (login required)
View Item |