Nurhayati, Teti (2024) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan Self Efficacy peserta didik melalui model pembelajaran Reading, Mind Mapping And Sharing (RMS) berbantuan Gitmind: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VII SMP Negeri 18 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (415kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (636kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (996kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif matematis dibutuhkan oleh peserta didik untuk menyelesaikan masalah matematika dari berbagai sudut pandang dan kemudian menghasilkan banyak jawaban untuk menghasilkan banyak solusi inovatif. Tujuan penelitian ini meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self efficacy peserta didik melalui model pembelajaran Reading, Mind Mapping and Sharing (RMS) berbantuan gitmind. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP Negeri 18 Bandung. Metode penelitian yang dipilih yaitu kuasi eksperimen. Sampel penelitian yaitu kelas VII-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-9 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes dan non tes. Hasil penelitian: (a) Keterlaksanaan proses pembelaharan guru dan peserta didik menggunakan model pembelajaran RMS berbantuan gitmind berada pada kategori baik sekali; (b) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran RMS berbantuan gitmind lebih baik secara signifikan daripada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (c) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran RMS berbantuan gitmind lebih baik daripada pembelajaran konvensional berdasarkan gender (laki-laki dan perempuan); (d) peningkatan self efficacy peserta didik yang menggunakan model pembelajaran RMS berbantuan gitmind lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Dengan demikian, pembelajaran RMS berbantuan gitmind efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self efficacy peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berpikir kreatif matematis; self efficacy; reading, mind mapping and sharing; gitmind |
Subjects: | Applied mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Teti Nurhayati |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 05:57 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 05:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97148 |
Actions (login required)
View Item |