Maulana, M Rizki (2024) Pengelolaan Digital Public Relations pada akun Instagram @adalahkabbandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (388kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
Abstract
Peran digital public relations sebagai sarana komunikasi dalam menyampaikan informasi melalui internet. Praktisi digital public relations seringkali memiliki tanggung jawab dalam pengelolaan sebuah media sosial, oleh karena itu diharapkan praktisi public relations dapat memanfaatkan dan mengetahui bagaimana sebuah media sosial dikelola agar mempermudah dalam proses pelaksanaan kegiatan digital public relations, pengelola akun Instagram @adalahkabbandung mengimplementasikan peran digital public relations dalam memanfaatkan media sosial Instagram sebagai sarana untuk menyebarkan sebuah informasi. Akun Instagram @adalahkabbandung merupakan akun yang berfokus pada penyebaran informasi atau berita mengenai kabupaten Bandung. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan media sosial Instagram yang dilakukan oleh akun @adalahkabbandung dengan menggunakan empat tahapan dalam teori The Circular Model of Some, yaitu tahap share, optimize, manage dan engage. Penelitian ini menggunakan teori The Circular Model of Some oleh Regina Luttrell 2015 dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif serta teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penlitian menunjukan bahwa kegiatan pengelolaan akun Instagram @adalahkabbandung sesuai dengan empat tahapan dalam teori The Circular Model of Some, yaitu: 1) Tahap membagikan (share) konten dengan berpartisipasi (participate) menggunakan media sosial, menjalin hubungan (connect) dengan publik, dan membangun kepercayaan (build trust) publik melalui informasi yang dibagikan. 2) Tahap mengoptimalkan (optimize) pesan dengan menyajikan konten yang relevan dengan publik dan melakukan komunikasi dua arah dengan menggunakan fitur Instagram. 3) Tahap mengelola (manage) interaksi dengan melakukan media monitoring akun, melakukan interaksi dengan publik secara langsung dan merespon tanggapan publik dengan cepat. 4) Tahap melibatkan (engage) publik dengan melakukan kerja sama dengan pihak lain, membagikan konten yang relevan dengan mengetahui siapa target audience dan menarik sasaran publik melalui konten menarik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Digital Public Relations; Kepercayaan Publik; Keterlibatan Publik; Informasi Publik |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | M Rizki Maulana |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 04:16 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 04:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97920 |
Actions (login required)
View Item |