Salsabila, Mutiara (2024) Pengaruh metode Brainstorming terhadap kemampuan berfikir kritis pada mata pelajaran IPS di kelas V : Penelitian quasi eksperimen. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (180kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPS. Upaya untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik adalah dengan menerapkan metode brainstorming dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1.Mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan metode brainstorming MI Al-Misbah Kota Bandung 2. Mengetahui perbedaan kemampuan berfikir kritis peserta didik dalam mata pelajaran IPS kelas V MI Al-Misbah Kota Bandung yang menggunakan metode brainstorming dengan pembelajaran yang menggunakan metode diskusi 3. Mengetahui perbedan peningkatan kemampuan berfikir kritis peserta didik dalam mata pelajaran IPS kelas V MI Al-Misbah Kota Bandung yang menggunakan metode brainstorming dengan yang menggunakan metode diskusi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimen yang menggunakan desain Nonequivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V MI Al-Misbah Kota Bandung dengan sampel yaitu kelas VA yang berjumlah 29 orang dan VB yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes kemampuan berfikir kritis. Tehnik analisis data menggunakan uji t-Independet dengan taraf signifkan 0,05 adapun hipotesisnya yaitu terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan kemampuan berfikir kritis peserta didik di kelas V antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan metode brainstorming MI Al-Misbah Kota Bandung sangat baik dilihat dari hasil observasi dengan nila rata-rata 95,31%. Setelah pelaksanaan pembelajaran terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata nilai kemampuan berfkir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dilihat pada hasil Uji mann whitney yang memperoleh nilai 0,000<0,05 maka H0 ditolak artinya terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata nilai kemampuan berfkir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Serta terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan kemampuan berfikir kritis pada mata pelajaran IPS antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dilihat pada hasil Uji t-independent N-gain score memperoleh nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak artinya terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan kemampuan berfikir kritis pada mata pelajaran IPS antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Brainstorming; Kemampuan Berfikir Kritis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Salsabila |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 03:15 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 03:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98156 |
Actions (login required)
View Item |