Pengembangan modul elektronik berbasis Smart Apps Creator untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi getaran harmonik

Widiana, Windi (2024) Pengembangan modul elektronik berbasis Smart Apps Creator untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi getaran harmonik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran modul elektronik berbasis Smart Apps Creator menjadi solusi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul elektronik berbasis Smart Apps Creator, keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Populasi penelitian adalah peserta didik SMA Mekar Arum Bandung kelas X MIPA 1 sebanyak 31 orang. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa modul elektronik berbasis Smart Apps Creator dikategorikan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi getaran harmonik dengan persentase rata-rata sebesar 87,4%, keterlaksanaan pembelajaran dikategorikan sangat baik dengan persentase rata- rata aktivitas guru sebesar 89% dan aktivitas peserta didik sebesar 86% dengan interpretasi sangat baik, peningkatan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik setelah menggunakan modul elektronik berbasis Smart Apps Creator memperoleh nilai n-gain sebesar 0,64 dengan kriteria sedang. Nilai signifikansi yang digunakan adalah 5% dengan nilai t_tabel sebesar 1,68 dan perolehan nilai t_hitung sebesar 38,26 sehingga t_hitung>t_tabel artinya H_o ditolak dan H_a diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang signifikan setelah menggunakan modul elektronik berbasis Smart Apps Creator.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Modul Elektronik Berbasis Smart Apps Creator; Keterampilan Berpikir Kritis; Getaran Harmonik
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Windi Widiana
Date Deposited: 18 Sep 2024 01:11
Last Modified: 18 Sep 2024 01:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98537

Actions (login required)

View Item View Item