Widiana, Windi (2024) Pengembangan modul elektronik berbasis Smart Apps Creator untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi getaran harmonik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (555kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (698kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) | Request a copy |
Abstract
Media pembelajaran modul elektronik berbasis Smart Apps Creator menjadi solusi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul elektronik berbasis Smart Apps Creator, keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Populasi penelitian adalah peserta didik SMA Mekar Arum Bandung kelas X MIPA 1 sebanyak 31 orang. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa modul elektronik berbasis Smart Apps Creator dikategorikan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi getaran harmonik dengan persentase rata-rata sebesar 87,4%, keterlaksanaan pembelajaran dikategorikan sangat baik dengan persentase rata- rata aktivitas guru sebesar 89% dan aktivitas peserta didik sebesar 86% dengan interpretasi sangat baik, peningkatan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik setelah menggunakan modul elektronik berbasis Smart Apps Creator memperoleh nilai n-gain sebesar 0,64 dengan kriteria sedang. Nilai signifikansi yang digunakan adalah 5% dengan nilai t_tabel sebesar 1,68 dan perolehan nilai t_hitung sebesar 38,26 sehingga t_hitung>t_tabel artinya H_o ditolak dan H_a diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang signifikan setelah menggunakan modul elektronik berbasis Smart Apps Creator.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Elektronik Berbasis Smart Apps Creator; Keterampilan Berpikir Kritis; Getaran Harmonik |
Subjects: | Education Education > Research and Statistical Methods Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Windi Widiana |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 01:11 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 01:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98537 |
Actions (login required)
View Item |