Fajriyah, Aida Syifaul (2024) Pengaruh model kooperatif tipe round robin berbantu media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sistem reproduksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (370kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Download (269kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran abad 21 menuntut siswa untuk menguasai empat kompetensi utama, yaitu berpikir kritis, komunikasi, kreativitas, dan kolaborasi. Salah satu aspek penting dalam pendidikan adalah kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Round robin yang dibantu media audio visual dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain non-equivalent pretest-posttest control group yang melibatkan siswa kelas XI MIPA di MA Persis Kudang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi, keterlaksanaan pembelajaran, soal tes uraian yang dibuat berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis dan lembar angket respon siswa. Keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa di kelas eksperimen mencapai kriteria sangat baik dengan persentase 90,24% pada aktivitas guru dan 90,9% pada siswa dan kelas reguler mencapai kriteria baik dengan persentase 85,58% pada aktivitas guru dan 84,17% pada aktivitas siswa. Peningkatan kemampuan berpikir kritis di kelas eksperimen memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,50 (sedang) dan reguler 0,45 (sedang), uji hipotesis menggunakan t’ sebesar Sig 0,002 < 0,05 yang berarti HO ditolak dan H1 diterima. Data tersebut diperkuat dengan perolehan nilai effect size sebesar 0,63 (sedang) dan rata-rata respon siswa terhadap pembelajaran mencapai 81% dengan kategori baik. Dengan demikian, model pembelajaran dengan menggunakan model Kooperatif tipe Round robin berbantu media audio visual terbukti efektif dala meningkatkan kemampuan berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Audio visual; Berpikir Kritis; Round robin; Sistem Reproduksi |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Aida Syifaul Fajriyah |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 06:25 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 06:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98678 |
Actions (login required)
View Item |