Sawitri, Widi (2024) Konten dakwah tentang muslimah di media sosial : Studi Netnografi akun instagram @fiqihwanita_. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (357kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (855kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mengubah lanskap dakwah Islam, khususnya dalam penyebaran konten keagamaan untuk muslimah. Akun Instagram @fiqihwanita_ muncul sebagai salah satu platform dakwah digital yang signifikan, menawarkan konten khusus untuk wanita Muslim. Fenomena ini mencerminkan pergeseran dalam cara umat Islam mengakses dan berinteraksi dengan ajaran agama mereka di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis simpul budaya konten dakwah tentang muslimah yang disajikan oleh akun Instagram @fiqihwanita_, serta mengeksplorasi bagaimana platform ini memanfaatkan media sosial untuk menyampaikan pesan-pesan keagamaan dan membangun interaksi dan membentuk komunitas virtual di kalangan pengikutnya. Studi ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metode netnografi, pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui tiga tahap yakni observasi partisipan, studi dokumentasi, dan wawancara virtual, dengan tiga jenis data yang berbeda, yaitu arsip (archival data), elisitasi (elicited data), dan catatan lapangan (field note data). Analisis data menggunakan tahapan analisis data menurut Konizets, yaitu kategori dan klarifikasi data, proses noting, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa @fiqihwanita_ berhasil mengadaptasi dakwah tradisional ke dalam format digital yang menarik dan relevan bagi perempuan muslimah. Akun ini menciptakan simpul budaya yang memadukan nilai-nilai Islam peran tradisonal wanita muslimah melalui medium modern, menciptakan komunitas virtual yang aktif dan interaktif. Tingginya engagement followers mencerminkan efektivitas strategi dakwah digital yang digunakan. Fenomena ini merepresentasikan pergeseran signifikan dalam lanskap keagamaan di era digital, di mana media sosial menjadi ruang baru untuk artikulasi, negosiasi, dan praktik keislaman kontemporer di Indonesia. Penelitian ini juga mengungkapkan kompleksitas dalam mengintegrasikan ajaran Islam tradisional dengan realitas digital, serta tantangan dan peluang yang dihadapi dakwah Islam di era media sosial.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konten dakwah; fiqih wanita; media sosial; netnografi; instagram @fiqihwanita_; |
Subjects: | Islam Islam > Da'wah |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Widi Sawitri |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 02:28 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 02:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98838 |
Actions (login required)
View Item |