Strategi corporate social responsibility dalam pembentukan citra PT. Pertamina (Persero): Studi deskriptif pada PT. Pertamina (Persero) TBBM Tasikmalaya

Iskandar, Edwin Mulyadi (2013) Strategi corporate social responsibility dalam pembentukan citra PT. Pertamina (Persero): Studi deskriptif pada PT. Pertamina (Persero) TBBM Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pelaksanaan Corporate Social Responsbility yang baik akan menunjang pembentukan citra sebuah perusahaan Hal tersebut erat kaitannya dengan perencanaan yang dibuat dengan matang Sebuah perusahaan yang ingin memperoleh citra positif dihadapan publiknya tentu memerlukan sebuah strategy untuk merealisasikannya, kerena strategi yang baik dan tepat akan membantu serta mempermudah pencapaian tujuan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana sebuah perusahaan menyusun strategi dalam melaksanakan corporate social responsibility sehingga pada akhirnya membentuk citra perusahaan/coporate image yang baik Penelitian ini juga membahas bagaimana strategi penanganan masalah yang dilakukan perusahaan terhadap lingkungannya,dan bagaimana kemudian perusahaan memberikan tanggung jawabnya dalam bentuk corporate social responsibility. Teori yang digunakan sebagai landasan penelitian ini adalah teori triple bottom line yang dikemukakan oleh Elkington dimana ia memberi pandangan bahwa jika sebuah perusahaan ingin mempertahankan kelangsungan hidupnya, maka perusahaan tersebut harus memperhatikan 3P (profit, people dan planet) Lalu kemudian teori tersebut di integrasikan dengan teori Pembentukan Citra Pengalaman mengenai Stimulus yang dikemukakan oleh John S Nimpoeno. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang memungkinkan penulis untuk mendapatkan informasi yang aktual, detail dan partisipatif Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi Sedangkan analisis penelitian menggunakan interprestasi logika yang dihubungkan dengan konteks kehumasan yang akurat. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategy corporate social responsibility dalam pembentukan citra PT Pertamina (Persero) adalah sebagai berikut Pertama, perencanaan dan pengemasan bentuk program corporate social responsibility merupakan integrasi dari sistem tata nilai 6C yang didalamnya terkandung enam aspek yaitu Clean, Competitive, Confident, Customer focused, comercial, capabel Kedua, strategi pemasaran melalui corporate social responsibility dilakukan dengan cara publikasi produk yang diterapkan melalui bentuk spanduk, poster, banner sticker, dan juga selebaran Ketiga, cara PT Pertamina (Persero) merespon masalah dalam hal ini kebocoran pipa minyak, dilakukan dengan observasi dan segera menerapkan skema penanganan cepat sementara. yang kemudian hasil dari observasi dikaji lebih lanjut untuk menentukan penanganan penuh terhadap masalah yang terjadi Sebagai bentuk tanggung jawab yang diberikan terhadap lingkungan perusahaan melakukan corporate social resposibility secara berjangka guna membina hubungan baik dan sekaligus membentuk citra.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Sosial; Manajemen
Subjects: Specific Field of Public Administration > Administration of Social Welfare
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: PKL1 Uninus
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:30
Last Modified: 23 Sep 2024 03:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98968

Actions (login required)

View Item View Item