Lestari, Tiara Syifa (2024) Pembingkaian berita boikot produk Pro-Israel pada media online: Analisis framing Robert N. Entman pada Kompas.com edisi November-Desember 2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (532kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) | Request a copy |
Abstract
Memanasnya konflik Palestina dan Israel saat ini membuat masyarakat dunia memberikan reaksi yang beragam. Masyarakat yang mengencam aksi tersebut menyerukan aksi boikot produk pro-Israel. Inisiatif boikot menarik perhatian global, dengan memanfaatkan platform media online salah satunya portal berita online. Penelitian ini meneliti sepuluh berita yang di terbitkan oleh media online Kompas.com tentang boikot produk pro-Israel. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Kompas.com membingkai beritanya dengan empat elemen framing Robert N. Entman yaitu aspek Define problem, aspek Diagnose Cause, aspek Make Moral Judgement, dan aspek Treatment Recomendation. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori analisis framing. Analisis framing merupakan sebuah perangkat analisis yang digunakan untuk menganalisa sebuah pesan yang disampaikan oleh sebuah media. Analisis framing ini melihat bagaimana sebuah media melakukan. Ada dua aspek utama dari framing. Pertama, bagaimana peristiwa itu dimaknai ini berhubungan dengan mana yang diliput dan tidak diliput. Kedua, bagaimana fakta itu ditulis. Metode analisis merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis framing. Dalam perspektif komunikasi, analisis framing dipakai untuk membedah cara-cara atau ideologi media saat mengkonstruksi fakta. Analisis framing yang digunakan yaitu model Robert N Entmant. Analisis framing model Robert Entman meneliti empat aspek Define problem, aspek Diagnose Cause, aspek Make Moral Judgement, dan aspek Treatment Recomendation. Hasil dari penelitian ini, pertama dilihat dari elemen framing Define problem, media Kompas.com berusaha mendefinisikan masalah yang terjadi tentang permberitaan boikot produk pro-Israel dari sepuluh berita media Kompas.com cenderung menuliskan dampak boikot produk pro-Israel di Indonesia. Diagnose Causes oleh Kompas.com dalam sepuluh berita menyebutkan sumber dari permasalahan yang terjadi yaitu semakin ramai dan meluasnya aksi boikot. Make Moral Judgemant, terlihat media Kompas.com berusaha menampilkan nilai moral kaitan antara perilaku konsumen, implikasi ekonomi, dan konteks sosial yang lebih luas di sekitar aksi boikot di Indonesia. Treatment Recommendation media Kompas.com lebih memberikan penyelesaian masalah kepada setiap pihak yang terdampak. Mulai dari konsumen serta masyarakat, pemerintah, pemilik produk lokal, dan memberikan solusi selain boikot produk dalam mendukung Palestina dengan alternatif lain tanpa merugikan perekonomian Indonesia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembingkaian; Analisis Framing; Boikot produk pro-Israel; Kompas.com |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Analysis, Theory of Functions |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Tiara Syifa Lestari |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 06:15 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 06:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99126 |
Actions (login required)
View Item |