Pengembangan E-comic Genius Physics berbasis Webtoon untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi Getaran Harmonik Sederhana

Urbaningrum, Zafira Dyah (2024) Pengembangan E-comic Genius Physics berbasis Webtoon untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi Getaran Harmonik Sederhana. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memaparkan terkait pengembangan E-comic Genius Physics berbasis Webtoon untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi getaran harmonis sederhana. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan E-comic Genius Physics berbasis Webtoon, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan E-comic Genius Physics berbasis Webtoon, peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik sebelum dan setelah menggunakan E-comic Genius Physics berbasis Webtoon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest dengan sampel kelas X Mipa MA Ar Rasyidiyah. Hasil penelitian mendapatkan bahwa media E-comic Genius Physics berbasis Webtoon layak digunakan dalam proses pembelajaran melalui uji perhitungan memperoleh nilai 92,5% dengan kategori sangat menarik, keterlaksanaan proses pembelajaran memperoleh rerata 88,5% dengan kategori sangat baik, peningkatan kemampuan hasil belajar kognitif memperoleh nilai N-Gain 0,56 dengan interpretasi sedang. Berdasarkan hasil uji wicoxon menunjukkan bahwa Asymp. Sig.(2.tailed) 0,05 yaitu 0,000 <0,05 sehingga terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif pada peserta didik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-comic; Hasil Belajar Kognitif; Getaran Harmonik Sederhana;
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Zafira Dyah Urbaningrum
Date Deposited: 02 Oct 2024 07:55
Last Modified: 02 Oct 2024 07:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99136

Actions (login required)

View Item View Item