Urbaningrum, Zafira Dyah (2024) Pengembangan E-comic Genius Physics berbasis Webtoon untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi Getaran Harmonik Sederhana. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (408kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (743kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini memaparkan terkait pengembangan E-comic Genius Physics berbasis Webtoon untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi getaran harmonis sederhana. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan E-comic Genius Physics berbasis Webtoon, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan E-comic Genius Physics berbasis Webtoon, peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik sebelum dan setelah menggunakan E-comic Genius Physics berbasis Webtoon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest dengan sampel kelas X Mipa MA Ar Rasyidiyah. Hasil penelitian mendapatkan bahwa media E-comic Genius Physics berbasis Webtoon layak digunakan dalam proses pembelajaran melalui uji perhitungan memperoleh nilai 92,5% dengan kategori sangat menarik, keterlaksanaan proses pembelajaran memperoleh rerata 88,5% dengan kategori sangat baik, peningkatan kemampuan hasil belajar kognitif memperoleh nilai N-Gain 0,56 dengan interpretasi sedang. Berdasarkan hasil uji wicoxon menunjukkan bahwa Asymp. Sig.(2.tailed) 0,05 yaitu 0,000 <0,05 sehingga terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif pada peserta didik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-comic; Hasil Belajar Kognitif; Getaran Harmonik Sederhana; |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Physics > Research and Statistical Methods of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Zafira Dyah Urbaningrum |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 07:55 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 07:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99136 |
Actions (login required)
View Item |