Haedarullah, Haedarullah (2024) Bahan ajar bahasa Arab dan bahasa Inggris kelas XI : Analisis komparatif dan implikasi Pedagogis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
skripsi selesai haedarullah Cover.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
skripsi selesai haedarullah Abstrak.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
skripsi selesai haedarullah DAFTAR ISI.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
skripsi selesai haedarullah BAB I.pdf Download (330kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
skripsi selesai haedarullah BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) |
||
Text (BAB III)
skripsi selesai haedarullah BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
||
Text (BAB IV)
skripsi selesai haedarullah BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB V)
skripsi selesai haedarullah BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
skripsi selesai haedarullah DAPUS.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
Abstract
Pembelajaran bahasa merupakan aktivitas yang melibatkan banyak komponen di dalamnya. Adapun salah satu komponen yang terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran bahasa di kelas adalah bahan ajar yang memiliki peran penting dan dominan dalam proses belajar mengajar. Dalam hal ini berlaku juga dengan bahan ajar bahasa Arab kurikulum 2013 yang masih dipandang cukup sulit dipahami oleh siswa, apalagi jika dibandingkan bahan ajar Bahasa inggris sebagai sesama mata pelajaran bahasa asing di sekolah. Maka dari itu perlu diadakan analisis komparatif yang diperjelas oleh analisis konten pada kedua bahan ajar tersebut dengan didasarkan pada kriteria tertentu seperti BSNP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur dan kesesuaian bahan ajar Bahasa arab dan Bahasa inggris kurikulum 2013 dengan kriteria kriteria bahan ajar menurut BSNP, sehingga dapat diketahui implikasi pedagogisnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan analisis komparatif, bahan ajar bahasa Arab ini setiap babnya menyajikan materi yang mengandung empat keterampilan berbahasa sekaligus, sedangkan bahan ajar bahasa Inggris ini pada setiap babnya hanya berfokus pada dua keterampilan berbahasa dengan disertai banyak latihan dan soal.Sedangakan setelah dilakukannya analisis konten dengan didasarkan pada kriteria bahan ajar menurut BSNP, yaitu kelayakan isi bahwa bahan ajar Bahasa inggris lebih sesuai dengan kriteria BSNP ini dibandingkan bahasa Arab. Adapun implikasi pedagogis yang tampak adalah bagi guru bahan ajar bahasa Arab menyediakan fitur agar mempermudah guru untuk menentukan metode pembelajaran, sedangakkan bahan ajar bahasa Inggris menyediakan fitur evaluasi dari pembelajaran dikelas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Komparatif; Analisis Konten; Bahan Ajar; BSNP; Implikasi Pedagogis; |
Subjects: | Arabic Education, Research of Language, Related Topics of Language English Analysis, Theory of Functions |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Al-Agani Haedarullah |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 00:47 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 00:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99391 |
Actions (login required)
View Item |