Pengaruh religiusitas, pengetahuan produk dan fluktuasi harga emas terhadap keputusan nasabah dalam pembiayaan cicil emas di Bank Syariah Indonesia Cluster Bandung Timur

Lestari, Woro Nilam (2024) Pengaruh religiusitas, pengetahuan produk dan fluktuasi harga emas terhadap keputusan nasabah dalam pembiayaan cicil emas di Bank Syariah Indonesia Cluster Bandung Timur. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (622kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)

Abstract

Kesadaran masyarakat akan pentingnya investasi mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi emas. Peluang ini dimanfaatkan oleh Bank Syariah Indonesia dalam produk layanan pembiayaan cicil emas untuk memudahkan nasabah dalam berinvestasi emas. Bank Syariah Indonesia menawarkan produk pembiayaan cicil emas sebagai salah satu pilihan bagi nasabah yang ingin berinvestasi dalam emas secara syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh religiusitas, pengetahuan produk dan fluktuasi harga emas terhadap keputusan nasabah dalam pembiayaan cicil emas di Bank Syariah Indonesia Cluster Bandung Timur. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji hipotesis, dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian secara parsial untuk variabel Religiusitas dan Fluktuasi Harga Emas tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah dalam pembiayaan cicil emas di Bank Syariah Indonesia Cluster Bandung Timur. Sedangkan hasil penelitian secara parsial untuk variabel Pengetahuan Produk berpengaruh positif terhadap Keputusan nasabah dalam pembiayaan cicil emas di Bank Syariah Indonesia Cluster Bandung Timur. Variabel Religiusitas, Pengetahuan Produk dan Fluktuasi Harga Emas mempunyai pengaruh secara simultan yakni berpengaruh dan signifikan dengan nilai F hitung 50,757 > F tabel 2,70 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya bahwa variabel religiusitas (X1), pengetahuan produk (X2), dan fluktuasi harga emas (X3) berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan nasabah (Y) dalam pembiayaan cicil emas di Bank Syariah Indonesia Cluster Bandung Timur. Sedanngkan hasil perhitungan uji determinasi (R2) besarnya koefisien determinasi atau R Square memiliki nilai sebesar 0,613. Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa variabel independent religiusitas (X1), pengetahuan produk (X2) dan fluktuasi harga emas (X3) mempengaruhi keputusan nasabah (Y) dalam pembiayaan cicil emas di Bank Syariah Indonesia Cluster Bandung Timur sebesar 61,3% sementara sisanya sebesar 38,7% yang dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Religiusitas; Pengetahuan Produk; Fluktuasi Harga Emas; Keputusan Nasabah; Ekonomi Islam
Subjects: Islam > Islam and Economics
Financial Economics, Finance
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Woro Nilam Lestari
Date Deposited: 25 Oct 2024 01:05
Last Modified: 25 Oct 2024 01:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100754

Actions (login required)

View Item View Item