Azhar, Alwanafi (2024) Strategi redaksional tribunjabar.id dalam menyajikan berita otomotif. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (342kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
Abstract
Berita otomotif adalah salah satu berita yang banyak dibaca oleh khalayak sebagai pemenuhan informasi juga media penyaluran hobi dan hiburan. Berita otomotif memberikan pengetahuan bagi seluruh masyarakat yang menggunakan kendaraan diantaranya mengenai peluncuran kendaraan baru, produksi, mekanisme, inovasi, tekhnologi, tips and trick, keamanaan, investasi, peraturan pemerintah, komunitas dan olahraga otomotif. Peneliti tertarik mengetahui strategi penyajian berita yang dapat dipahami seluruh khalayak bukan hanya penggemar otomotif. Pertimbangan subjek penelitian redaksional Tribunjabar.Id karena menjadi salah satu media di Kota Bandung yang menyajikan berita otomotif secara aktif, lengkap dan beragam Penelitian bertujuan mengetahui strategi Tribunjabar.Id dalam menyajikan berita otomotif. Tiga fokus penelitian perencanaan, implementasi dan evaluasi. Proses perencanaan membahas perencanan isu, karakteristik wartawan dan pemilihan narasumber. Proses implementasi membahas peliputan, penulisan dan penyuntingan. Proses evaluasi membahas kinerja, hasil produk dan umpan balik. Penelitian didasarkan pada konsep Fred R. David (2011), mengenai strategi manajemen. Terdiri dari perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Merumuskan strategi adalah menetapkan tujuan jangka panjang, membuat dan memilih strategi alternatif. Implementasi melakukan rencana yang telah dibuat secara terperinci. Evaluasi adalah pengukuran yang digunakan menilai kinerja yang sudah dilakukan. Penelitian menggunakan pendekatan kualiatatif dan metode deskriptif. Teknik penggalian data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sehingga penelitian dilakukan dengan menggambarkan fenomena sesuai fakta dan data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, simpulan dari penelitian ini yaitu : pertama, perencanaan isu dilakukan berkala melalui rapat redaksi berdasarkan trend, komunitas, grup diskusi dan produsen otomotif. Kriteria wartawan adalah wartawan lifestyle. Narasumber yang dipilih adalah narsumber primer, produsen otomotif dan pengamat. Kedua implementasi, peliputan dilakukan satu orang yang melakukan riset mandiri terkait isu, penulisan menggunakan 5W+1H, judul dan lead yang menarik, memperhatikan SEO dan menghindari clickbait. Penyuntingan berdasarkan EYD dan KBBI serta membedakan berita promosi dan tidak, wartawan otomotif tidak banyak melakukan kesalahan liputan dan penulisan. Ketiga, evaluasi terbagi menjadi tiga yaitu evaluasi kinerja, hasil produk dan umpan balik khalayak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi; Redaksional; Otomotif |
Subjects: | Journalism and Newspapers in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | alwanafi azhar |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 01:41 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 01:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/101788 |
Actions (login required)
View Item |