Strategi redaksional tribunjabar.id dalam menyajikan berita otomotif

Azhar, Alwanafi (2024) Strategi redaksional tribunjabar.id dalam menyajikan berita otomotif. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy

Abstract

Berita otomotif adalah salah satu berita yang banyak dibaca oleh khalayak sebagai pemenuhan informasi juga media penyaluran hobi dan hiburan. Berita otomotif memberikan pengetahuan bagi seluruh masyarakat yang menggunakan kendaraan diantaranya mengenai peluncuran kendaraan baru, produksi, mekanisme, inovasi, tekhnologi, tips and trick, keamanaan, investasi, peraturan pemerintah, komunitas dan olahraga otomotif. Peneliti tertarik mengetahui strategi penyajian berita yang dapat dipahami seluruh khalayak bukan hanya penggemar otomotif. Pertimbangan subjek penelitian redaksional Tribunjabar.Id karena menjadi salah satu media di Kota Bandung yang menyajikan berita otomotif secara aktif, lengkap dan beragam Penelitian bertujuan mengetahui strategi Tribunjabar.Id dalam menyajikan berita otomotif. Tiga fokus penelitian perencanaan, implementasi dan evaluasi. Proses perencanaan membahas perencanan isu, karakteristik wartawan dan pemilihan narasumber. Proses implementasi membahas peliputan, penulisan dan penyuntingan. Proses evaluasi membahas kinerja, hasil produk dan umpan balik. Penelitian didasarkan pada konsep Fred R. David (2011), mengenai strategi manajemen. Terdiri dari perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Merumuskan strategi adalah menetapkan tujuan jangka panjang, membuat dan memilih strategi alternatif. Implementasi melakukan rencana yang telah dibuat secara terperinci. Evaluasi adalah pengukuran yang digunakan menilai kinerja yang sudah dilakukan. Penelitian menggunakan pendekatan kualiatatif dan metode deskriptif. Teknik penggalian data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sehingga penelitian dilakukan dengan menggambarkan fenomena sesuai fakta dan data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, simpulan dari penelitian ini yaitu : pertama, perencanaan isu dilakukan berkala melalui rapat redaksi berdasarkan trend, komunitas, grup diskusi dan produsen otomotif. Kriteria wartawan adalah wartawan lifestyle. Narasumber yang dipilih adalah narsumber primer, produsen otomotif dan pengamat. Kedua implementasi, peliputan dilakukan satu orang yang melakukan riset mandiri terkait isu, penulisan menggunakan 5W+1H, judul dan lead yang menarik, memperhatikan SEO dan menghindari clickbait. Penyuntingan berdasarkan EYD dan KBBI serta membedakan berita promosi dan tidak, wartawan otomotif tidak banyak melakukan kesalahan liputan dan penulisan. Ketiga, evaluasi terbagi menjadi tiga yaitu evaluasi kinerja, hasil produk dan umpan balik khalayak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Redaksional; Otomotif
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: alwanafi azhar
Date Deposited: 26 Nov 2024 01:41
Last Modified: 26 Nov 2024 01:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/101788

Actions (login required)

View Item View Item