Penerapan metode Kooperatif Learning tipe Numbered Head together terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas IV MI Al Musdariyah

Oktafiani, Tiara Nur (2024) Penerapan metode Kooperatif Learning tipe Numbered Head together terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas IV MI Al Musdariyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BabI.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa terutama dalam pembelajaran Matematika menjadi permasalahan utama. Banyaknya siswa yang nilainya masih dibawah KKTP. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang efektif. Kemampuan berpikir kritis dapat ditingkatkan dengan memperbaiki metode pembelajaran. Peneliti menerapkan metode numbered head together. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan metode numbered head together di kelas eksperimen (2) kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan metode konvensional di kelas kontrol (3) perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode numbered head together dengan metode konvensional. Penelitian ini diperoleh dari 18 siswa di kelas eksperimen dan di kelas kontrol dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, metode quasi eksperimen dengan desain Non Equivalent Control Group Desain. teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis essay dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa 1) uji normalitas, 2) uji homogenitas, 3) uji hipotesis, dan 4) uji T. Hasil pretest sebelum diterapkan di kelas eksperimen memperoleh nilai 49,88, sedangkan di kelas kontrol memperoleh nilai 40,45 keduanya termasuk kategori kurang. Peningkatan kedua kelas terlihat dari hasil uji N-Gain, kelas eksperimen memiliki rata-rata peningkatan sebesar 0,61, sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata peningkatan sebesar 0,44. Dari hasil analisis data melalui Uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa nilai asym.sig (2-tailed) yaitu 0,031, yang berarti taraf signifikansinya yaitu < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV yang menggunakan metode numbered head together dengan yang menggunakan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Matematika, Numbered Head Together
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tiara Nur Oktafiani
Date Deposited: 11 Dec 2024 02:26
Last Modified: 11 Dec 2024 02:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/102446

Actions (login required)

View Item View Item