Oktafiani, Tiara Nur (2024) Penerapan metode Kooperatif Learning tipe Numbered Head together terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas IV MI Al Musdariyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BabI.pdf Download (241kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BabII.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BabIII.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BabIV.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BabV.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa terutama dalam pembelajaran Matematika menjadi permasalahan utama. Banyaknya siswa yang nilainya masih dibawah KKTP. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang efektif. Kemampuan berpikir kritis dapat ditingkatkan dengan memperbaiki metode pembelajaran. Peneliti menerapkan metode numbered head together. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan metode numbered head together di kelas eksperimen (2) kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan metode konvensional di kelas kontrol (3) perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode numbered head together dengan metode konvensional. Penelitian ini diperoleh dari 18 siswa di kelas eksperimen dan di kelas kontrol dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, metode quasi eksperimen dengan desain Non Equivalent Control Group Desain. teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis essay dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa 1) uji normalitas, 2) uji homogenitas, 3) uji hipotesis, dan 4) uji T. Hasil pretest sebelum diterapkan di kelas eksperimen memperoleh nilai 49,88, sedangkan di kelas kontrol memperoleh nilai 40,45 keduanya termasuk kategori kurang. Peningkatan kedua kelas terlihat dari hasil uji N-Gain, kelas eksperimen memiliki rata-rata peningkatan sebesar 0,61, sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata peningkatan sebesar 0,44. Dari hasil analisis data melalui Uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa nilai asym.sig (2-tailed) yaitu 0,031, yang berarti taraf signifikansinya yaitu < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV yang menggunakan metode numbered head together dengan yang menggunakan metode konvensional.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Matematika, Numbered Head Together |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Elementary Education > Mathematics for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Tiara Nur Oktafiani |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 02:26 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 02:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/102446 |
Actions (login required)
View Item |