Arsal, Fathur Riyadhi (2025) Pengaruh minat dan motivasi siswa terhadap aktivitas belajar bahasa Arab di MTsN Kota Makassar pada semester gasal tahun ajaran 2024/2025. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.docx.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (485kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Proses pembelajaran akan bersifat aktif jika siswa memiliki banyak aktivitas didalamnya. Tinggi dan rendahnya aktivitas belajar siswa tidak selalu karena cara mengajar guru, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhinya misalnya saja minat dan motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh minat siswa terhadap aktivitas belajar bahasa Arab di MTsN Kota Makassar; 2)pengaruh motivasi siswa terhadap aktivitas belajar bahasa Arab di MTsN Kota Makassar; 3) pengaruh minat dan motivasi siswa terhadap aktivitas belajar bahasa Arab di MTsN Kota Makassar. Kerangka berpikir penelitian ini ialah pengaruh antara minat dan motivasi siswa terhadap aktivitas belajar bahasa Arab secara parsial maupun simultan dengan menggunakan dimensi minat dari Kompri, dimensi motivasi dari Cevallos dkk., serta dimensi aktivitas belajar dari hasil sintesa teori Djamarah, Sardiman, dan KMA 3302 Tahun 2024. Hipotesis yang diajukan ialah tidak ada pengaruh antara minat dan motivasi siswa terhadap aktivitas belajar bahasa Arab secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengolahan data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji regresi sederhana, uji regresi berganda, dan koefisien determinasi) menggunakan SPSS v.26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa berpengaruh terhadap aktivitas belajar bahasa Arab di MTsN Kota Makassar sebesar 51,2%, motivasi siswa berpengaruh terhadap aktivitas belajar bahasa Arab di MTsN Kota Makassar sebesar 62,9% dan secara simultan minat dan motivasi siswa berpengaruh terhadap aktivitas belajar bahasa Arab di MTsN Kota Makassar sebesar 64,4%. Implikasi penelitian ini adalah peningkatan minat dan motivasi siswa di madrasah dapat meningkatkan aktivitas belajar bahasa Arab, yang pada gilirannya dapat meningkatkan mutu pendidikan di MTsN sekota Makassar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat; motivasi siswa; aktivtas belajar bahasa Arab |
Subjects: | Arabic Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Education, Research of Language, Related Topics of Language |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Fathur Riyadhi Arsal |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 06:30 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 06:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106850 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |