Sari, Sinta (2025) Penerapan Metode Game Based Learning (GBL) berbasis educaplay untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VII di MTs Kifayatul Achyar Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (266kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (741kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di MTs Kifayatul Achyar Kota Bandung pada mata pelajaran fikih di kelas VII mengalami motivasi belajar yang rendah. Di satu sisi, guru sudah mengajarkan materi pembelajaran secara optimal, yang di ditandai dengan cara mengajar sudah benar dengan menggunakan metode ceramah dan media pembelajaran yang menarik. Mestinya kondisi ini menghasilkan motivasi belajar yang tinggi. Namun pada kenyataannya motivasi belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan metode Game Based Learning (GBL) berbasis educaplay pada mata pelajaran Fikih di Kelas VII MTs Kifayatul Achyar Kota Bandung (2) mengetahui motivasi belajar siswa setelah menerapkan metode Game Based Learning (GBL) berbasis educaplay pada mata pelajaran Fikih di MTs Kifayatul Achyar Kota Bandung (3) mengetahui pengaruh penerapan metode Game Based Learning (GBL) berbasis educaplay terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas VII di MTs Kifayatul Achyar Kota Bandung. Motivasi belajar siswa salah satunya dipengaruhi oleh penerapan metode dan media pembelajaran. Metode game based learning dipilih karena dipilih karena mampu menyajikan pembelajaran yang interaktif, menarik, dan menyenangkan. Berbagai jenis permainan edukatif dalam Educaplay membantu siswa memahami materi secara kontekstual dan aktif. Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa metode game based learning berbasis educaplay dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan pada mata pelajaran Fikih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen, menggunakan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji n-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode Game Based Learning berbasis Educaplay pada mata pelajaran Fikih terlaksana dengan sangat baik, dengan tingkat keterlaksanaan masing-masing 93% dan 94% pada dua pertemuan. (2) Motivasi belajar siswa setelah menerapkan metode Game Based Learning (GBL) berbasis educaplay pada mata pelajaran Fikih di MTs Kifayatul Achyar Kota Bandung memperoleh data rata-rata sebesar 87,7 termasuk kedalam kategori sangat baik. (3) Terdapat pengaruh signifikan penerapan metode Game Based Learning berbasis Educaplay terhadap motivasi belajar siswa, dengan skor rata-rata post-test kelas eksperimen 87,73 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 75,03. Temuan ini menunjukkan bahwa metode tersebut efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dibandingkan metode ceramah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode; Game Based Learning; Educaplay; Motivasi Belajar |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sinta sari |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 01:56 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 01:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114071 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |