Penerapan Metode Game Based Learning (GBL) berbasis educaplay untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VII di MTs Kifayatul Achyar Kota Bandung

Sari, Sinta (2025) Penerapan Metode Game Based Learning (GBL) berbasis educaplay untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VII di MTs Kifayatul Achyar Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MTs Kifayatul Achyar Kota Bandung pada mata pelajaran fikih di kelas VII mengalami motivasi belajar yang rendah. Di satu sisi, guru sudah mengajarkan materi pembelajaran secara optimal, yang di ditandai dengan cara mengajar sudah benar dengan menggunakan metode ceramah dan media pembelajaran yang menarik. Mestinya kondisi ini menghasilkan motivasi belajar yang tinggi. Namun pada kenyataannya motivasi belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan metode Game Based Learning (GBL) berbasis educaplay pada mata pelajaran Fikih di Kelas VII MTs Kifayatul Achyar Kota Bandung (2) mengetahui motivasi belajar siswa setelah menerapkan metode Game Based Learning (GBL) berbasis educaplay pada mata pelajaran Fikih di MTs Kifayatul Achyar Kota Bandung (3) mengetahui pengaruh penerapan metode Game Based Learning (GBL) berbasis educaplay terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas VII di MTs Kifayatul Achyar Kota Bandung. Motivasi belajar siswa salah satunya dipengaruhi oleh penerapan metode dan media pembelajaran. Metode game based learning dipilih karena dipilih karena mampu menyajikan pembelajaran yang interaktif, menarik, dan menyenangkan. Berbagai jenis permainan edukatif dalam Educaplay membantu siswa memahami materi secara kontekstual dan aktif. Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa metode game based learning berbasis educaplay dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan pada mata pelajaran Fikih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen, menggunakan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji n-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode Game Based Learning berbasis Educaplay pada mata pelajaran Fikih terlaksana dengan sangat baik, dengan tingkat keterlaksanaan masing-masing 93% dan 94% pada dua pertemuan. (2) Motivasi belajar siswa setelah menerapkan metode Game Based Learning (GBL) berbasis educaplay pada mata pelajaran Fikih di MTs Kifayatul Achyar Kota Bandung memperoleh data rata-rata sebesar 87,7 termasuk kedalam kategori sangat baik. (3) Terdapat pengaruh signifikan penerapan metode Game Based Learning berbasis Educaplay terhadap motivasi belajar siswa, dengan skor rata-rata post-test kelas eksperimen 87,73 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 75,03. Temuan ini menunjukkan bahwa metode tersebut efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dibandingkan metode ceramah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: metode; Game Based Learning; Educaplay; Motivasi Belajar
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sinta sari
Date Deposited: 05 Aug 2025 01:56
Last Modified: 05 Aug 2025 01:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114071

Actions (login required)

View Item View Item