Strategi komunikasi persuasif pengurus Masjid dalam menarik minat Jamaah terhadap kegiatan Dakwah : Studi deskriptif di Masjid Malikal Mulki Tanah Sereal Bogor

Ananda, Fadhilah Fithriah (2025) Strategi komunikasi persuasif pengurus Masjid dalam menarik minat Jamaah terhadap kegiatan Dakwah : Studi deskriptif di Masjid Malikal Mulki Tanah Sereal Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunnan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Text (COVER).pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Text (ABSTRAK).pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DLULUS PLAGIASI)
Text (LULUS PLAGIASI).pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Text (DAFTAR ISI).pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Text (BAB I).pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Text (BAB II).pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Text (BAB III).pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Text (BAB IV).pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Text (DAFTAR PUSTAKA).pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
Text (LAMPIRAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dakwah pada era modern memiliki tantangan besar untuk membangun ketertarikan jamaah terhadap kegiatan dakwah. Masjid Malikal Mulki di Tanah Sereal Bogor muncul sebagai sebuah fenomena yang berhasil menjawab tantangan ini, menarik minat jamaah dalam jumlah besar melalui pendekatan komunikasi persuasif yang inovatif dan relevan dengan zaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana strategi psikodinamika, strategi sosiokultural, dan strategi konstruksi makna yang diterapkan oleh pengurus Masjid Malikal Mulki dalam meningkatkan minat jamaah terhadap kegiatan dakwah Islam. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi komunikasi persuasif Melvin L. DeFleur dan Sandra J. Ball-Rokeach, yang digunakan untuk memahami bagaimana pesan dan lingkungan yang dirancang secara strategis dapat memengaruhi sikap, persepsi, dan perilaku audiens. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretatif yang berfokus pada pemahaman makna dari sudut pandang partisipan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, sementara keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasi untuk menggabungkan berbagai sumber dalam mengkaji strategi komunikasi persuasif yang digunakan oleh pengurus Masjid Malikal Mulki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengurus menerapkan pendekatan psikodinamika dengan menciptakan ‘ruang aman’ yang empatik untuk memenuhi kebutuhan emosional dan spiritual jamaah. Pendekatan sosiokultural tampak dari upaya membangun lingkungan komunitas yang suportif melalui penyediaan fasilitas dan membangun komunitas yang memperkuat rasa memiliki. Sementara itu, melalui strategi konstruksi makna, pengurus menggunakan branding, penamaan program, dan visual yang modern untuk membangun citra masjid dan menarik bagi audiens. Penelitian ini berimplikasi sebagai rujukan praktis bagi pengelola masjid lain dan menjadi kontribusi akademis bagi pengembangan kajian komunikasi dakwah di era digital.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Persuasif; Kegiatan Dakwah; Minat Jamaah; Masjid Malikal Mulki; Generasi Muda;
Subjects: Islam > Da'wah
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Masjid
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Fadhilah Fithriah Ananda
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:06
Last Modified: 09 Sep 2025 07:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118149

Actions (login required)

View Item View Item