Ananda, Fadhilah Fithriah (2025) Strategi komunikasi persuasif pengurus Masjid dalam menarik minat Jamaah terhadap kegiatan Dakwah : Studi deskriptif di Masjid Malikal Mulki Tanah Sereal Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunnan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Text (COVER).pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Text (ABSTRAK).pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text (DLULUS PLAGIASI)
Text (LULUS PLAGIASI).pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Text (DAFTAR ISI).pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
Text (BAB I).pdf Download (402kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
Text (BAB II).pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
Text (BAB III).pdf Restricted to Registered users only Download (688kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
Text (BAB IV).pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Text (DAFTAR PUSTAKA).pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Text (LAMPIRAN).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dakwah pada era modern memiliki tantangan besar untuk membangun ketertarikan jamaah terhadap kegiatan dakwah. Masjid Malikal Mulki di Tanah Sereal Bogor muncul sebagai sebuah fenomena yang berhasil menjawab tantangan ini, menarik minat jamaah dalam jumlah besar melalui pendekatan komunikasi persuasif yang inovatif dan relevan dengan zaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana strategi psikodinamika, strategi sosiokultural, dan strategi konstruksi makna yang diterapkan oleh pengurus Masjid Malikal Mulki dalam meningkatkan minat jamaah terhadap kegiatan dakwah Islam. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi komunikasi persuasif Melvin L. DeFleur dan Sandra J. Ball-Rokeach, yang digunakan untuk memahami bagaimana pesan dan lingkungan yang dirancang secara strategis dapat memengaruhi sikap, persepsi, dan perilaku audiens. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretatif yang berfokus pada pemahaman makna dari sudut pandang partisipan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, sementara keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasi untuk menggabungkan berbagai sumber dalam mengkaji strategi komunikasi persuasif yang digunakan oleh pengurus Masjid Malikal Mulki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengurus menerapkan pendekatan psikodinamika dengan menciptakan ‘ruang aman’ yang empatik untuk memenuhi kebutuhan emosional dan spiritual jamaah. Pendekatan sosiokultural tampak dari upaya membangun lingkungan komunitas yang suportif melalui penyediaan fasilitas dan membangun komunitas yang memperkuat rasa memiliki. Sementara itu, melalui strategi konstruksi makna, pengurus menggunakan branding, penamaan program, dan visual yang modern untuk membangun citra masjid dan menarik bagi audiens. Penelitian ini berimplikasi sebagai rujukan praktis bagi pengelola masjid lain dan menjadi kontribusi akademis bagi pengembangan kajian komunikasi dakwah di era digital.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Persuasif; Kegiatan Dakwah; Minat Jamaah; Masjid Malikal Mulki; Generasi Muda; |
Subjects: | Islam > Da'wah Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Masjid Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Fadhilah Fithriah Ananda |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 07:06 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 07:06 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118149 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |