Agustina, Atika (2023) Pesan Dakwah pada video animasi kanal YouTube Yufid Kids: Studi pada Channel Yufid Kids. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (208kB) |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (162kB) |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (208kB) |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (302kB) |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (740kB) |
|
|
Text
6_bab2.pdf Download (558kB) |
|
|
Text
7_bab3.pdf Download (459kB) |
|
|
Text
8_bab4.pdf Download (167kB) |
|
|
Text
9_daftarpustaka.pdf Download (168kB) |
|
|
Text
10_lampiran.pdf Download (836kB) |
Abstract
Kemajuan teknologi yang pesat pada zaman ini mempengaruhi perubahan penyajian pesan kearah digital. Kehadiran paradigma memberikan kebebasan ruang dan waktu yang tanpa batas. Termasuk dalam penyajian pesan dakwah yang dilakukan oleh channel Youtube Yufid Kids yang memberikan terobosan baru dalam menyebarkan kajian agama islam melalui media sosal Youtube dengan membungkusnya menggunakan animasi. Karena itu Peneliti memiliki rumusan permasalahan diantaranya Bagaimana penyajian pesan yang disajikan oleh channel Youtube @YufidKid. Bagaimana kategori bentuk pesan dakwah yang disajikan oleh channel Youtube @YufidKids. Serta Bagaimana kategori substansi isi pesan Dakwah yang disampaikan oleh channel Youtube @YufidKids. Penelitian ini mempunyai tujuan supaya memberikan pengetahuan mengenai kategori bentuk pesan dakwah serta kategori substansi isi pesan dakwah yang disampaikan berdasarkan gaya bahasa yang dipakai akun Yufid Kids pada Channel @YufidKids. Penelitian ini memakai metode analisis isi konten sebagai pendekatan kualitatif yang didukung oleh analisis wacana karena mampu membantu mendeskripsikan seluruh dokumentasi video dakwah yang dilakukan oleh Yuvid diakun Youtubenya. Penelitian ini menggunakan teori Lasswell. teori ini melihat komunikasi sebagai proses satu arah: dari komunikator ke penerima, dengan tujuan untuk memberikan efek tertentu dan teori Pesan Dakwah yakni sebuah kajian yang penting untunk memahami bagaimana pesan-pesan agama disampaikan dan diterima. Dengan memahami teori ini, diharapkan dakwah dapat menjadi lebih efektif dan mampu membawa perubahan positif bagi masyarakat. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini menyimpulkan bahwa channel YouTube @YufidKids telah sukses menghadirkan konten keagamaan yang menarik dan sesuai dengan tren zaman. Pendekatan yang singkat dan padat, serta penggunaan efek visual yang menarik, menjadi daya tarik tersendiri. Meski demikian, disarankan untuk memperpanjang durasi video agar pesan dakwah dapat tersampaikan lebih mendalam.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Dakwah;Pesan;YouTube;Yufid Kids |
| Subjects: | Islam > Da'wah Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| Depositing User: | Atika Agustina |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 02:59 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 02:59 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123724 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



