Pengaruh Korean wave dan Brand Ambassador Song Joong Ki terhadap keputusan pembelian Scarlett Whitening: Penelitian pada mahasiswa jurusan manajemen kakultas ekonomi dan bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Angkatan Tahun 2018

Nurjanah, Putri (2022) Pengaruh Korean wave dan Brand Ambassador Song Joong Ki terhadap keputusan pembelian Scarlett Whitening: Penelitian pada mahasiswa jurusan manajemen kakultas ekonomi dan bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Angkatan Tahun 2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_Bab 1.pdf

Download (951kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy

Abstract

Gelombang budaya Korea (Korean wave) adalah budaya Korea Selatan yang menyebar secara Global keseluruh penjuru dunia, sedangkan brand ambassador merupakan seseorang yang merepresentasikan suatu produk. Keduanya bagian dari faktor eksternal yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen dalam memutuskan pembelian, yaitu perilaku dalam membeli produk untuk mereka konsumsi. Kedua faktor tersebut menjadi strategi marketing yang saat ini banyak digunakan oleh perusahaan global termasuk Indonesia. Fenomena trend budaya dan popularitas public figure asal Korea Selatan dipercaya dapat menarik konsumen pada minat beli yang mendorong pada keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Korean wave dan brand ambassador secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian Scarlett whitening pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universiatas Islam Negri Sunan Gunung Djati Bandung angkatan tahun 2018. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universiatas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Angkatan Tahun 2018 sebanyak 204 orang dan didapatkan 67 sampel yang diambil dengan teknik non propability sampling jenis purposive sampling dengan kriteria Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universiatas Islam Negri Sunan Gunung Djati Bandung Angkatan Tahun 2018 yang pernah atau sedang menggunakan Scarlett whitening. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran e-kuesioner yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji validitas, reliabilitas, regresi linier berganda serta pengujian hipotesis (uji parsial (uji-t), uji simultan (uji-F)) dan uji determinasi (R2) menggunakan software SPSS versi 25. Hasil pengujian dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05, Korean wave (X1) secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) karena thitung lebih kecil dibandingkan ttabel (0,761 > 0,05) serta signifikansi 0,306 < 1,99773. Brand ambassador (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Hal ini ditunjukan dengan uji parsial thitung lebih besar dibandingkan dengan ttabel yaitu 3,951 > 1,99773 serta nilai signifikansi lebih kecil dibandingkan dengan profabilitas peneliti yaitu 0,000 < 0,05. Korean wave (X1) dan brand ambassador (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusa pembelian (Y). Hal ini dapat ditunjukan denga uji simulta fhitung lebih besar dari ftabel atau 18,841 > 3,14 serta memiliki tingkat lebih kecil dibandingkan dengan taraf signifikansi 0,05 atau 0,000 < 0,05 dengan kotribusi 37,1% sedangkan 62,9% dipengaruhi variabel lain yang ridak diteliti dalam peelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Brand Ambassador; Keputusan Pembelian; Korean Wave
Subjects: General Management > Marketing, Management of Distribution
General Management > Market Research, Market Analysis
General Management > Market Research in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Putri Nurjanah
Date Deposited: 11 Oct 2022 00:56
Last Modified: 11 Oct 2022 00:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59377

Actions (login required)

View Item View Item