Penggunaan permainan kartu UNO dalam pembelajaran bahasa Arab dan pengaruhnya terhadap kemampuan siswa dalam Fahm al-Maqru’ (Studi Quasi-Eksperimen pada Siwa Madrasah Ibtidaiyyah Az-Zahra Bandung)

Nurhalimah, Siti (2023) Penggunaan permainan kartu UNO dalam pembelajaran bahasa Arab dan pengaruhnya terhadap kemampuan siswa dalam Fahm al-Maqru’ (Studi Quasi-Eksperimen pada Siwa Madrasah Ibtidaiyyah Az-Zahra Bandung). Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab 1.pdf

Download (608kB) | Preview
[img] Text
5. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
6. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img]
Preview
Text
7. Bab 4.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text
8. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
Official URL: https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/ta

Abstract

Penelitian ini didasari oleh problematika peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab. Sebagian peserta didik belum begitu memperhatikan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru dan mereka pun tidak memahami teks bahasa Arab yang mereka baca. Hal ini menyebabkan rendahnya kemampuan bahasa Arab mereka. Melihat hasil belajar siswa hanya 30% dari mereka yang mendapatkan nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dan 70% lagi tidak mencapai batas KKM yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan peneliti di lapangan yaitu Madrasah Ibtidaiyyah Az Zahra Bandung, media pembelajaran bahasa Arab yang digunakan oleh guru masih belum efektif, terutama untuk meningkatkan kemampuan fahm al-maqru’ peserta didik. Media pebelajaran ini merupakan suatu hal yang sangat penting dalam mewujudkan tujuan pembelajaran. Dengan adanya suatu media pembelajaran, akan membantu dan memudahkan guru dalam menyampaikan materi ajar kepada peserta didik. Salah satu media pembelajaran bahasa Arab yaitu media permainan kartu UNO yang merupakan media pembelajaran interaktif sehingga dapat menarik perhatian peserta didik untuk mau membaca teks bahasa Arab dan memahami isi teks yang dibaca, selain itu dapat juga menarik perhatian peserta didik untuk memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru terutama dalam materi fahm al-maqru’. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran permainan kartu UNO terhadap kemampuan fahm al-maqru’ siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode quasi eksperimen. Serta pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan tes. Sedangkan untuk mengolah data penelitian, peneliti menggunakan SPSS V. 22. Hasil penelitian ini adalah nilai kemampuan fahm al-maqru’ siswa sebelum menggunakan media permainan kartu UNO mencapai nilai rata-rata 65,5 dan setelah menggunakan media tersebut nilai rata-rata kemampuan fahm al-maqru’ siswa mencapai 83,5. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan media permainan kartu UNO berpengaruh terhadap kemampuan fahm al-maqru’ siswa. Kata Kunci: Media Pebelajaran Bahasa Arab, Permainan Kartu UNO, Pembelajaran fahm al-maqru’

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pebelajaran Bahasa Arab; Permainan Kartu UNO; Pembelajaran fahm al-maqru’
Subjects: Arabic
Education
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Nurhalimah
Date Deposited: 26 May 2023 00:36
Last Modified: 26 May 2023 00:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68488

Actions (login required)

View Item View Item