Implementasi Human Relations dalam mewujudkan keselarasan kerja karyawan : Studi deskriptif pada Perum Perhutani KPH Bandung Utara

Rizki, Ikmal Kurnia (2023) Implementasi Human Relations dalam mewujudkan keselarasan kerja karyawan : Studi deskriptif pada Perum Perhutani KPH Bandung Utara. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Keselarasan kerja didalam sebuah perusahaan sangat penting dalam upaya keberhasilan perusahaan. Setiap elemen yang berada didalam lingkungan perusahaan memiliki kesepakatan mengenai tujuan dan sasaran yang hendak dicapai, secara umum keselarasan kerja dalam perusahaan adalah upaya dalam membuat setiap orang didalam perusahaan setuju dalam tujuan yang ditetapkan. Tindakan ini akan mengacu pada semua bagian, ketika keselarasan kerja kuat makan akan menghasilkan dorongan dan energi didalam perusahaan akan menghasilkan efektivitas kerja meningkat. Demi mewujudkan keselarasan kerja maka dibutuhkan Human Relations yang baik agar semua karyawan memiliki rasa yang sama dan rasa kekeluargaan yang kuat sehinnga menimbulkan suasana kerja yang harmonis. Dengan Human Relations dalam lingkup internal perusahaan merupakan langkah yang tepat dalam mewujudkan keselarasan kerja karyawan. Human Relations merupakan salah satu ruang lingkup public relations pada kegiatan internal perusahaan yang menjalin hubungan baik., kegiatan Human Relations adalah bagian dari ruang lingkup internal Relations perusahaan untuk menjalin hubungan yang harmonis dan mewujudkan keselarasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Human Relations dalam mewujudkan keselarasan kerja karyawan pada Perum Perhutani KPH Bandung Utara, melalui teori Four Steps Public Relations, diantaranya: Pencarian fakta (Fact Finding), perencanaan (Planning and Programming), Aksi dan Komunikasi (Action and Communicating), dan Evaluasi (Evaluations). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif , dan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriprif. Selain itu juga, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan paradigma kontruktivisme, dan teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Perum Perhutani KPH Bandung Utara dalam implementasi Human Relations dalam mewujudkan keselarasan kerja karyawan dengan melalui pertama, pencarian fakta dengan melakukan survey dan meeting internal, kedua perencanaan dengan menentukan tujuan dan menentukan target, ketiga aksi dan komunikasi dengan memberikan informasi dan melaksanakan kegiatan, keempat evaluasi dengan bentuk laporan bulanan dan tahunan dan evaluasi sebagai tolak ukur indikator keberhasilan. ENGLISH : Alignment of work within a company is very important in the company's success efforts. Every element within the company's environment has an agreement regarding the goals and objectives to be achieved, in general work harmony within the company is an effort to make everyone in the company agree on the goals set. This action will refer to all parts, when a strong work alignment will produce encouragement and energy within the company will result in increased work effectiveness. In order to realize work harmony, good Human Relations is needed so that all employees have the same feeling and a strong sense of kinship so as to create a harmonious work atmosphere. With Human Relations within the company's internal scope is the right step in realizing employee work harmony. Human Relations is one of the scope of public relations in the company's internal activities that establish good relations. Human Relations activities are part of the scope of the company's internal relations to establish harmonious relationships and create work harmony. This study aims to find out how the implementation of Human Relations in realizing the work harmony of employees at Perum Perhutani KPH North Bandung, through the theory of Four Steps Public Relations, including: Fact Finding, Planning and Programming, Action and Communication (Action and Communicating), and Evaluation (Evaluations). This research was conducted using a qualitative approach, and the research method used is descriptive method. In addition, this research was conducted using the constructivism paradigm, and data collection techniques by means of observation and interviews. The results of the study can be concluded that Perum Perhutani KPH North Bandung in implementing Human Relations in realizing employee work harmony by going through first, fact finding by conducting surveys and internal meetings, second planning by setting goals and setting targets, third action and communication by providing information and implementing activities, the fourth evaluation in the form of monthly and annual reports and evaluation as a measure of success indicators.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hubungan Masyarakat; Human Relations; Hubungan Internal
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Ikmal Kurnia Rizki
Date Deposited: 16 Jun 2023 02:50
Last Modified: 16 Jun 2023 05:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69392

Actions (login required)

View Item View Item