Jariah, Ainun (2023) Implementasi model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (456kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya upaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang dibuktikan dengan hasil studi pendahuluan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (a) Keterlaksanaan pembelajaran matematika menggunakan model Value Clarification Technique (VCT), (b) Perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara peserta didik yang memperoleh pembelajaran model VCT dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional, (c) Perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara peserta didik yang memperoleh model VCT dan yang memperoleh pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat kemandirian belajar. (d) Interaksi antara model pembelajaran dan tingkat kemandirian belajar terhadap keamampuan pemahaman konsep matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Non-equivalent control group. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data diperoleh hasil: (a) Keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik pada proses pembelajaran berada pada kategori sangat baik, (b) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis pada peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol (c) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara peserta didik yang mendapat pembelajaran model VCT dan yang mendapat pembelajaran konvensional ditinjau dari tingkat kemandirian belajar. (d) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan tingkat kemanndirian belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Value Clarification Technique (VCT); Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Kemandirian Belajar |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ainun Jariah |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 14:30 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 14:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76570 |
Actions (login required)
View Item |