Implementasi model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari kemandirian belajar siswa

Jariah, Ainun (2023) Implementasi model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (456kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya upaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang dibuktikan dengan hasil studi pendahuluan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (a) Keterlaksanaan pembelajaran matematika menggunakan model Value Clarification Technique (VCT), (b) Perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara peserta didik yang memperoleh pembelajaran model VCT dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional, (c) Perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara peserta didik yang memperoleh model VCT dan yang memperoleh pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat kemandirian belajar. (d) Interaksi antara model pembelajaran dan tingkat kemandirian belajar terhadap keamampuan pemahaman konsep matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Non-equivalent control group. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data diperoleh hasil: (a) Keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik pada proses pembelajaran berada pada kategori sangat baik, (b) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis pada peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol (c) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara peserta didik yang mendapat pembelajaran model VCT dan yang mendapat pembelajaran konvensional ditinjau dari tingkat kemandirian belajar. (d) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan tingkat kemanndirian belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Value Clarification Technique (VCT); Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Kemandirian Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ainun Jariah
Date Deposited: 09 Sep 2023 14:30
Last Modified: 09 Sep 2023 14:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76570

Actions (login required)

View Item View Item