Penerapan model pembelajaran Anchored Instruction (AI) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan minat belajar siswa

Nasution, Nathifa Zahwa (2023) Penerapan model pembelajaran Anchored Instruction (AI) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan minat belajar siswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy

Abstract

Memahami konsep matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa. Namun faktanya kemampuan pemahaman konsep matematis ini masih perlu ditingkatkan. Implementasi model pembelajaran Anchored Instruction (AI) merupakan salah satu alternatif upaya menanggulangi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Peningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis kelas AI lebih baik dibandingkan dengan kelas konvensional; (2) Pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis kelas AI lebih baik dibandingkan dengan kelas konvensional; serta (3) Minat belajar siswa setelah memperoleh pembelajaran Anchored Instruction (AI). Penelitian ini dilakukan di salah satu Madrasah Aliyah Kota Bandung. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA dengan sampel penelitian siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Sampel yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan, yaitu tes kemampuan pemahaman konsep matematis dengan kriteria validitas tinggi dan angket minat belajar siswa. Hasil penelitian ini memperoleh beberapa hal, yaitu: (1) Peningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis kelas AI lebih baik dibandingkan dengan kelas konvensional; (2) Pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis kelas AI lebih baik dibandingkan dengan kelas konvensional; dan (3) Implementasi AI memberikan dampak positif terhadap minat belajar siswa. Implikasi Anchored Instruction mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Anchored Instruction (AI); Pemahaman Konsep Matematis; Minat Belajar
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nathifa Zahwa Nasution
Date Deposited: 11 Sep 2023 06:10
Last Modified: 11 Sep 2023 06:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76666

Actions (login required)

View Item View Item