Nasution, Nathifa Zahwa (2023) Penerapan model pembelajaran Anchored Instruction (AI) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan minat belajar siswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (391kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (752kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) | Request a copy |
Abstract
Memahami konsep matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa. Namun faktanya kemampuan pemahaman konsep matematis ini masih perlu ditingkatkan. Implementasi model pembelajaran Anchored Instruction (AI) merupakan salah satu alternatif upaya menanggulangi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Peningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis kelas AI lebih baik dibandingkan dengan kelas konvensional; (2) Pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis kelas AI lebih baik dibandingkan dengan kelas konvensional; serta (3) Minat belajar siswa setelah memperoleh pembelajaran Anchored Instruction (AI). Penelitian ini dilakukan di salah satu Madrasah Aliyah Kota Bandung. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA dengan sampel penelitian siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Sampel yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan, yaitu tes kemampuan pemahaman konsep matematis dengan kriteria validitas tinggi dan angket minat belajar siswa. Hasil penelitian ini memperoleh beberapa hal, yaitu: (1) Peningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis kelas AI lebih baik dibandingkan dengan kelas konvensional; (2) Pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis kelas AI lebih baik dibandingkan dengan kelas konvensional; dan (3) Implementasi AI memberikan dampak positif terhadap minat belajar siswa. Implikasi Anchored Instruction mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anchored Instruction (AI); Pemahaman Konsep Matematis; Minat Belajar |
Subjects: | Education, Research Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nathifa Zahwa Nasution |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 06:10 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 06:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76666 |
Actions (login required)
View Item |