Strategi adaptasi pedagang pakaian Pasar Tradisional dalam sistem belanja Online : Studi kasus di Pasar Bancong Desa Sukadarma Kabupaten Bekasi

Albirruni, Aldin (2024) Strategi adaptasi pedagang pakaian Pasar Tradisional dalam sistem belanja Online : Studi kasus di Pasar Bancong Desa Sukadarma Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy

Abstract

Maraknya penggunaan fitur belanja online membuat pendapatan pedagang pakaian pasar tradisional di Pasar Bancong Sukatani mengalami penurunan pendapatan. Kondisi tersebut terlihat dimulai dari munculnya penyebaran virus Covid-19 yang kemudian menjadikan masyarakat sudah terbiasa dengan pembatasan aktivitas di luar rumah. Pasar tradisional Bancong Sukatani merupakan salah satu pasar yang ramai pengunjung, setiap harinya beroperasi mulai dari subuh sampai malam hari. Akan tetapi, semenjak adanya fitur belanja online atau e-commerce pasar menjadi sepi pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi serta upaya apa saja yang dilakukan para pedagang pasar tradisional untuk dalam menghadapi kemajuan teknologi yang salah satunya terletak pada sistem belanja online. Peneliti menggunakan teori sosiolog kontemporer Talcott Parsons yang merupakan teori struktural-fungsional atau berisikan komponen dari paradigma fakta sosial. Empat pengertian terkenal tentang teori ini yaitu Adaptasi, Pencapaian Sasaran (GOAL), Integrasi, dan Latensi (disingkat AGIL). Menurut gagasan ini, masyarakat merupakan suatu komponen sistem sosial yang tersusun dari komponen-komponen yang saling berhubungan dan menyatu yang akan menjaga keseimbangan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara terhadap 8 orang pedagang pakaian Pasar Bancong Sukatani. Selain itu, pengambilan data penelitian di dukung dengan hasil observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu dengan melakukan triangulasi data menurut Miles & Huberman (1992) yakni (1) Reduksi Data; (2) Penyajian Data; (3) Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sosial ekonomi para pedagang secara signifikan menurun. Hal tersebut dapat terlihat dari kondisi pasar yang sepi pengunjung bahkan banyaknya toko yang tutup. Strategi adaptasi pedagang pakaian di pasar tradisional Bancong dalam mengambil langkah-langkah penting di tengah perkembangan penjualan online di antaranya adalah menggunakan platform online atau media sosial sebagai lahan promosi produk. Selain itu, inovasi para pedagang dengan mengadakan potongan harga yang menarik perhatian pembeli.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-commerce; Pedagang Pasar Tradisional; Strategi Adaptasi
Subjects: Communities > Community Sociology
General Management > Market Research, Market Analysis
General Management > Historical, Geographic Treatment of Market Research
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Aldin Albirruni
Date Deposited: 21 May 2024 03:10
Last Modified: 21 May 2024 03:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87873

Actions (login required)

View Item View Item