Penggunaan multimedia dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara: Studi semi eksperimen terhadap kelas X Madrasah Aliyah Mathla'ul Huda Bandung

Basyari, Muhamad Rais (2023) Penggunaan multimedia dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara: Studi semi eksperimen terhadap kelas X Madrasah Aliyah Mathla'ul Huda Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan multimedia dalam pembelajaran bahasa Arab dapat menjadi cara yang efektif dan menarik bagi siswa. Multimedia terbagi di antara berbagai bentuk media seperti teks, audio, video, gambar dan animasi untuk membantu dalam menyampaikan informasi dengan cara yang lebih dinamis dan interaktif. Tujuan-tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa sebelum menggunakan multimedia, mengetahui keterampilan berbicara siswa setelah menggunakan multimedia daan untuk mengetahui persentase peningkatan keterampilan berbicara siswa setelah menggunakan multimedia. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode semi eksperimen. Dalam penelitian ini terdapat Dua kelompok: kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua kelompok diberikan pre-test dan post-test yang sama. Penelitian ini dilakukan dua kali yaitu pengukuran sebelum perlakuan (pre-test) dan setelah perlakuan (post-test). Data dalam penelitian ini meliputi data kualitatif yang dianalisis secara logika dan data kuantitatif yang dianalisis secara statistik. Dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa penggunaan multimedia meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas XB dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap kelas eksperimen dengan nilai 7.0, yang menunjukkan peningkatan sebesar 73%, dengan predikat sangat baik. sedangkan untuk kelas kontrol dengan nilai 5,0 dan menunjukkan peningkatan sebesar 53% dengan predikat baik. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa lebih efektif dibandingkan dengan yang tidak menggunakannya atau (kelas kontrol).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Pembelajaran Bahasa Arab; Keterampilan Berbicara; Eksperimen
Subjects: Bahasa Arab
Knowledge > Descriptive and Experimental Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: muhamad rais basyari
Date Deposited: 10 Jun 2024 01:17
Last Modified: 10 Jun 2024 01:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88485

Actions (login required)

View Item View Item