Basyari, Muhamad Rais (2023) Penggunaan multimedia dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara: Studi semi eksperimen terhadap kelas X Madrasah Aliyah Mathla'ul Huda Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (631kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (796kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (762kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (941kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) | Request a copy |
Abstract
Penggunaan multimedia dalam pembelajaran bahasa Arab dapat menjadi cara yang efektif dan menarik bagi siswa. Multimedia terbagi di antara berbagai bentuk media seperti teks, audio, video, gambar dan animasi untuk membantu dalam menyampaikan informasi dengan cara yang lebih dinamis dan interaktif. Tujuan-tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa sebelum menggunakan multimedia, mengetahui keterampilan berbicara siswa setelah menggunakan multimedia daan untuk mengetahui persentase peningkatan keterampilan berbicara siswa setelah menggunakan multimedia. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode semi eksperimen. Dalam penelitian ini terdapat Dua kelompok: kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua kelompok diberikan pre-test dan post-test yang sama. Penelitian ini dilakukan dua kali yaitu pengukuran sebelum perlakuan (pre-test) dan setelah perlakuan (post-test). Data dalam penelitian ini meliputi data kualitatif yang dianalisis secara logika dan data kuantitatif yang dianalisis secara statistik. Dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa penggunaan multimedia meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas XB dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap kelas eksperimen dengan nilai 7.0, yang menunjukkan peningkatan sebesar 73%, dengan predikat sangat baik. sedangkan untuk kelas kontrol dengan nilai 5,0 dan menunjukkan peningkatan sebesar 53% dengan predikat baik. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa lebih efektif dibandingkan dengan yang tidak menggunakannya atau (kelas kontrol).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; Pembelajaran Bahasa Arab; Keterampilan Berbicara; Eksperimen |
Subjects: | Bahasa Arab Knowledge > Descriptive and Experimental Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities Education, Research of Language, Related Topics of Language |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | muhamad rais basyari |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 01:17 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 01:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88485 |
Actions (login required)
View Item |