Amanah, Bintan Hifdzotul (2024) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar bahasa Arab: Studi quasi eksperimen siswa kelas VI MIN Sutam Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (248kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penggunaan model pembelajaran sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar. Terdapat beberapa permasalahan dalam pembelajaran bahasa Arab terutama pada motivasi dan hasil belajar yang rendah. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan kurang efektif bagi siswa. Oleh karena itu peneliti memilih model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) sebagai model pembelajaran yang efektif dan inovatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar dalam pembelajaran bahasa Arab antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT), kemudian untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar bahasa arab pada siswa kelas VI MI Negeri Sutam Bandung. Terdapat dua data penelitian dalam penelitian ini meliputi data kualitatif yang dianalisis secara logis dan data kuantitatif yang dianalisis secara statistik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, dokumentasi, dan studi pustaka. Di antara hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, motivasi dan hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) mempunyai nilai yang rendah. Rata-rata hasil angket pertama adalah 43%, sedangkan rata-rata hasil pre-test adalah 52,21. Motivasi dan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) bernilai baik. Hasil angket kedua rata-rata 74, dan hasil post-test rata-rata 74,5. Terdapat peningkatan motivasi belajar siswa kelas VI di Kelas A (kelas eksperimen) sebesar 34% dan hasil belajar Kelas A (kelas eksperimen) sebesar 0,50, sehingga termasuk dalam kategori “sedang”.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Team Game Tournament; motivasi; hasil belajar; pembelajaran bahasa Arab |
Subjects: | Bahasa Arab Education, Research Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Elementary Education Elementary Education > Elementary Education in Indonesia Education, Research of Language, Related Topics of Language |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Bintan Hifdzotul Amanah |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 03:09 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 03:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99959 |
Actions (login required)
View Item |