Hardiana, Oka (2011) Pengaruh strategi marketing public relations PT. Pikiran Rakyat terhadap loyalitas pembaca: Studi korelasional mengenai strategi marketing public relations PT. Pikiran Rakyat terhadap loyalitas pembaca yaitu mahasiswa UIN Bandung Fakultas Dakwah dan Komunikasi angkatan 2006-2009. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (9MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (21MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (LAMPIRAN)
9_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Proses kelahiran media massa diawali oleh kebutuhan masyarakat untuk berkomunikasi, ketika jumlah masyarakat semakin banyak dan tersebar di seluruh muka bumi maka diperlukan media komunikasi yang efektif disebut dengan media massa. Media massa berfungsi sebagai penyalur informasi, mendidik, menghibur, dan mempengaruhi. Perkembangan media komunkasi telah banyak mengubah aspek kehidupan manusia dan hubungan komunikasi antar manusia hampir tidak terbatas, mulai dari cara pengumpulan, pengolahan dan pendistribusian pesan-pesan komunikasi Begitu banyak informasi yang datang tidak dapat dipilih dan dimaknai oleh komunikan karena keterbatasan kemampuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan seberapa besar pengaruh strategi Marketing Public Relations yang dilakukan oleh PT. Pikiran Rakyat terhadap loyalitas pembaca. Penelitian mengenai strategi Marketing Public Relations PT. Pikiran Rakyat terhadap loyalitas pembaca, menggunakan model S-M-C-R-E. M Roger yang merupakan pengembangan teon model S-M-C-R David K Berlo Model tersebut singkatan dari Source-Message-Channel-Receiver-Effect Model ini menjelaskan proses komunikasi yang melibatkan sumber-sumber, pesan, media, efek Ditinjau dari segi jenisnya, dalam melakukan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional, yaitu penelitian dua variabel atau lebih pada suatu situasi atau kelompok subjek. Hasil pembahasan penelitian dari Pengaruh Strategi Marketing Public Relations PT. Pikiran Rakyat terhadap loyalitas pembaca antara lain Pertama Strategi marketing public relations yang digunakan oleh PT. Pikiran Rakyat ada tiga strategi yang berbasis nilai berita, yaitu Push/Full/Pass Strategi Atau bisa dikatakan dengan Trilogi Strategi MPR. Strateg ini mendorong pergerakan produk ke pasar melalui promosi atau insentif kepada distributor, agen dan pengecer (Push Strategy), serta menarik permintaan konsumen melalui iklan dan promosi (Full Strategy) sudah lazim digunakan di duna pemasaran, dan juga berupaya membobol tembok penghalang dari kalangan tokoh, pejabat pemerintah, pembentuk opini, atau konsumen sendiri yang menolak ide atau pesan-pesan pemasaran (Pass Strategy) Strategi marketing publi relations PT. Pikiran Rakyat dengan loyalitas pembaca memiliki pengaruh yang sangat signifikan Pengaruh strategi marketing public relations PT. Pikiran Rakyat terhadap loyalitas pembaca cukup signifikan yaitu berpengaruh sebesar 72%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Marketing; Public Relations; Loyalitas |
Subjects: | General Management > Planning and Strategic Management General Management > Marketing, Management of Distribution |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | PKL1 Uninus |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 02:07 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 02:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100274 |
Actions (login required)
View Item |