Perbedaan kemampuan mengenal konsep bilangan antara menggunakan media Balok Cuisenaire dengan media stick angka pada anak usia dini: Penelitian komparasi di kelompok A RA Al-Ikhlas Kecamatan Panyileukan Kota Bandung

Auliannisa, Renida Nabila (2024) Perbedaan kemampuan mengenal konsep bilangan antara menggunakan media Balok Cuisenaire dengan media stick angka pada anak usia dini: Penelitian komparasi di kelompok A RA Al-Ikhlas Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_ cover.pdf

Download (167kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (186kB)
[img] Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
skplagiarism (1).pdf

Download (393kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (164kB)
[img] Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (347kB)
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11`_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang ditemukan pada saat observasi yaitu mengenai kemampuan mengenal konsep bilangan di kelompok A RA Al-Ikhlas yang masih belum berkembang secara optimal. Beberapa anak masih belum mampu mengenal lambang bilangan, mengurutkan bilangan, serta belum sinkronnya dalam penyebutan bilangan dengan lambang bilangan. Anak-anak hanya sekedar hafal nama bilangan tanpa mengetahui bentuk bilangannya. Hal tersebut dikarenakan penggunaan media yang kurang menarik serta kegiatan pembelajaran yang hanya sebatas guru menunjukan gambar dari berbagai bentuk lambang bilangan dan menyebutkan nama bilangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia dini menggunakan media balok cuisenaire pada kelompok eksperimen di kelompok A RA Al-Ikhlas Kecamatan Panyileukan Kota Bandung; (2) Kemampuan mengenal konsep bilangan menggunakan media stick angka pada kelompok kontrol di kelompok A RA Al-Ikhlas Kecamatan Panyileukan Kota Bandung; (3) Komparasi kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia dini antara menggunakan media balok cuisenaire dengan media stick angka di kelompok A RA Al-Ikhlas Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Kemampuan mengenal konsep bilangan merupakan kemampuan anak dalam memahami berapa banyaknya suatu benda yang terdiri dari jumlah dan perhitungan. Untuk mengenalkan konsep bilangan yang sifatnya abstrak dibutuhkan media konkret yang mendukung. Media yang yang bisa dipakai yaitu media balok cuisenaire dan media stick angka. Media tersebut bermanfaat untuk membantu kegiatan berhitung, mengenal bentuk geometri serta membantu menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design dengan pola pretest, treatment, dan posttest terhadap dua kelompok yang berbeda, kelompok tersebut dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelas A1 sebagai kelompok eksperimen berjumlah 14 anak, dan kelas A2 sebagai kelompok kontrol berjumlah 13 anak. Hasil analisis data menunjukan bahwa pada kelompok eksperimen nilai rata-rata pretest sebesar 49 dengan kategori gagal dan nilai rata-rata posttest sebesar 73 dengan kategori baik. Adapun pada kelompok kontrol nilai rata-rata pretest sebesar 47 dengan kategori gagal dan nilai rata-rata posttest sebesar 71 dengan kategori baik. Berdasarkan uji t diperoleh hasil t_hitung = 3,181 > t_tabel = 2,080 Maka hipotesis H_o ditolak dan H_a diterima. Dengan kata lain, terdapat perbedaan kemampuan mengenal konsep bilangan antara menggunakan media balok cuisenaire dengan media stick angka di kelompok A RA Al-Ikhlas Kecamatan Panyileukan Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: konsep bilangan; balok cuisenaire; stick angka; anak usia dini
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Renida Nabila Auliannisa
Date Deposited: 23 Jun 2025 06:46
Last Modified: 23 Jun 2025 07:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109668

Actions (login required)

View Item View Item