Khalidurrahman, Ahmad Fauzan (2025) Penerapan model Problem Based Learning berbantuan Microsoft Whiteboard untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas XI pada materi Fluida Statis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (486kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (431kB) |
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran dan peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Microsoft Whiteboard pada materi fluida statis. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan populasi peserta didik kelas XI SMA Bina Negara 1 Baleendah. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini kelas XI IPA I sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 peserta didik dan XI IPA II sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 peserta didik dengan menggunakan desain penelitian pre-test post-test only control group design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Data dikumpulkan melalui instrument penelitian yaitu AABTLT with SAS dan tes keterampilan pemecahan masalah. Teknik analisis data mencakup uji normalitas,uji hipotesis, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran per indikator keterampilan pemecahan masalah menggunakan model PBL berbantuan Microsoft Whiteboard memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,54 dan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model PBL tanpa menggunakan Microsoft Whiteboard memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,44 dan untuk hasil secara keseluruhan menggunakan model PBL berbantuan Microsoft Whiteboard memperoleh persentase rata-rata sebesar 79,6% dan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model PBL tanpa menggunakan Microsoft Whiteboard memperoleh persentase rata-rata sebesar 81,7%. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig (2-tailed) diperoleh hasil 0,009 < sig (0,05). Dengan demikian model pembelajaran PBL berbantuan Microsoft Whiteboard terbukti lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik dibandingkan dengan model pembelajaran PBL tanpa menggunakan Microsoft Whiteboard.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning; keterampilan pemecahan masalah; Microsoft Whiteboard; Fluida Statis |
Subjects: | Education > Statistic of Education Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Applied Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Ahmad Fauzan Khalidurrahman |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 03:01 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 03:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109720 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |