Penggunaan metode Team Game Tournament (TGT) berbantu media kotak dan Kartu Misterius (Kokami) untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian kuasi eksperimen siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi Kabupaten Bandung

Nurul Rohmah, Siiti Sarah (2025) Penggunaan metode Team Game Tournament (TGT) berbantu media kotak dan Kartu Misterius (Kokami) untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian kuasi eksperimen siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Siti Sarah Nurul Rohmah, 1212020248, 2025. Penggunaan Metode Team Game Tournamnet (TGT) berbantu Media Kotak dan Kartu Misterius (Kokami) untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Penelitian Kuasi Eksperimen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi Kabupaten Bandung). Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya keaktifan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP), yang ditunjukkan melalui kurangnya partisipasi siswa dalam diskusi, minimnya pertanyaan, serta sikap pasif saat proses belajar berlangsung. Kurangnya keaktifan tersebut dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang kurang variatif dan belum mampu membangkitkan motivasi belajar siswa secara optimal. Oleh karena itu, diperlukan penerapan metode yang inovatif dan media pembelajaran yang menarik agar siswa lebih terlibat secara aktif dalam proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode Team Game Tournament (TGT) berbantu media Kokami (Kotak dan Kartu Misterius) dalam pembelajaran PAIBP, keaktifan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, serta untuk menganalisis pengaruhnya terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Pretest and Posttest with Nonequivalent Control Group Design. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa penggunaan metode TGT berbantu media Kokami dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan dan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan. Kerangka berpikir dalam penelitian ini dibangun berdasarkan teori konstruktivisme dan pembelajaran kooperatif. Siswa dianggap sebagai subjek aktif yang membangun pengetahuannya melalui pengalaman belajar yang interaktif. Metode TGT dengan media Kokami diharapkan menciptakan suasana kompetitif dan menyenangkan sehingga meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa dalam belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa di kelas eksperimen meningkat secara signifikan, dengan nilai rata-rata pretest sebesar 70,57 dan posttest 80,09. Sementara itu, kelas kontrol juga mengalami peningkatan namun tidak sebesar kelas eksperimen, yaitu dari rata-rata 72,18 menjadi 77,70. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan metode TGT berbantu media Kokami terhadap keaktifan siswa. Selain itu, nilai N-Gain kelas eksperimen berada pada kategori sedang, sedangkan kelas kontrol berada pada kategori rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Team Game Tournament (TGT); Media Kotak dan Kartu Misterius (Kokami); Keaktifan Siswa; Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti; Pembelajaran Kooperatif; Media Pembelajaran; Pembelajaran Aktif; Strategi Pembelajaran; Kelas VIII SMP; Pembelajaran Interaktif
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Secondary Education > Lower Level Secondary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Sarah Nurul Rohmah
Date Deposited: 02 Jul 2025 02:44
Last Modified: 02 Jul 2025 02:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/110619

Actions (login required)

View Item View Item