Penggunaan media visualisasi (Flashcard) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti

Salmahat, Siti Halimah (2025) Penggunaan media visualisasi (Flashcard) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
SITI_HALIMAH_SALMAHAT_1212020243_SKRIPSI_2025_NEWW[1]_removed.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi awal melalui pengamatan yang dilakukan peneliti di kelas VIII SMP Negeri 02 Cileunyi, pembelajaran PAI terasa monoton karena masih menggunakan metode pembelajaran ceramah dan ketika materi yang diberikan saat ini diujikan kembali ternyata ingatan siswa melemah dan tidak sedikit siswa yang kurang memahami materi. Fenomena yang dijumpai masalah pada siswa ketika berlangsung proses pembelajaran PAI di kelas VIII SMP Negeri 02 Cileunyi ini pada umumnya siswa bersifat pasif dalam mencerna materi yang disampaikan oleh guru, sehingga hal ini memengaruhi terhadap rendahnya hasil belajar mereka. Tujuan penelitian ini untuk (1) Mengetahui proses penggunaan media Visualisasi (flashcard) Kelas VIII di SMP Negeri 02 Cileunyi pada mata pelajaran PAI. (2) Mengetahui hasil belajar kognitif siswa kelas VIII di SMP Negeri 02 Cileunyi setelah penggunaan media Visualisasi (flashcard) pada mata pelajaran PAI. (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP Negeri 02 Cileunyi setelah penggunaan media Visualisasi (flashcard) pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa media flashcard merupakan salah satu media pembelajaran aktif yang dapat meningkatkan daya ingat siswa dan membuat informasi menjadi bermakna. Berdasarkan hal tersebut, hipotesis yang diajukan adalah Ho tidak terdapat peningkatan terhadap hasil belajar kognitif siswa di kelas VIII SMP Negeri 02 Cileunyi dan Ha terdapat peningkatan terhadap hasil belajar kognitif siswa di kelas VIII SMP Negeri 02 Cileunyi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Bentuk desain kuasi eksperimen yang digunakan adalah Pretest and Posttest with Non-equivalent Control Group Design. Bentuk desain tersebut dilakukan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, (1) Proses pembelajaran dengan penggunaan media visualisasi (flashcard) terlaksana dengan sangat baik. Hal ini berdasarkan pada perolehan hasil observasi dengan skor 88,75%. Skor tersebut berada pada rentang 76-100 yang termasuk pada kategori sangat baik. (2) Hasil belajar kognitif siswa setelah penggunaan media visualisasi (flashcard) berdasarkan hasil akhir yang dilihat dari posttest kelas eksperimen berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata nilai diperoleh 88,14, sedangkan posttest kelas kontrol berada pada kategori rendah dengan nilai 52,78. Hal ini menunjukan bahwa hasil akhir dari kelas eksperimen lebih baik daripada hasil akhir kelas kontrol. (3) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah penggunaan media visualisasi (flashcard) dapat dibuktikan dengan taraf signifikasi 5% melalui uji independent sampel t test yang diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,01 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat peningkatan pada rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran flashcard.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar kognitif; media flashcard
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Halimah Salmahat
Date Deposited: 02 Jul 2025 08:09
Last Modified: 02 Jul 2025 08:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/110700

Actions (login required)

View Item View Item