pengaruh kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Umum Syariah Unit UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Cahyati, Ayu (2025) pengaruh kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Umum Syariah Unit UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perbankan syariah di Indonesia terus berkembang seiring meningkatnya kesadaran terhadap sistem keuangan berbasis nilai-nilai Islam. Namun, perluasan jangkauan nasabah, khususnya dari kalangan mahasiswa, masih menjadi tantangan termasuk di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, meskipun pemahaman mahasiswa terhadap prinsip syariah cukup baik, minat menabung di bank syariah masih rendah. Kondisi ini menunjukkan perlunya kajian terhadap pengaruh kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap minat menabung mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari dua variabel independen, yakni kepercayaan dan kualitas pelayanan, terhadap minat mahasiswa untuk menabung di bank umum syariah, baik secara parsial maupun simultan. Tujuan utamanya adalah mengetahui seberapa besar pengaruh kedua variabel terhadap minat mahasiswa memilih bank umum syariah sebagai tempat menyimpan dana mereka. Dalam penelitian ini, kerangka berpikir dibangun melalui keterkaitan antara minat menabung mahasiswa sebagai variabel dependen yang dipengaruhi oleh dua faktor utama, yaitu kepercayaan dan kualitas pelayanan. Kepercayaan dianalisis melalui empat aspek penting, yakni integritas, kompetensi, benevolensi, dan transparansi. Kualitas pelayanan dapat diukur berdasarkan lima dimensi yaitu sharia compliance, information quality, assurance, customer centricity, acces dan responsiveness. Sementara itu, indikator minat menabung mahasiswa yang meliputi behavioral intention, perceived usefulness, perceived trust, serta social influence. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode analisis deskriptif verifikatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, dan analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS, serta didahului oleh pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Variabel kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di bank umum syariah, dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 0,853 lebih kecil dari ttabel sebesar 1,984 sesuai dengan kriteria uji t jika thitung<ttabel maka disimpulkan tidak ada pengaruh signifikan, jika thitung>ttabel maka berpengaruh signifikan, dari hasil analisis koefisien determinasi 74,9% variasi minat menabung mahasiswa dapat dijelaskan oleh variabel kepercayaan. 2) Variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung, dengan nilai thitung sebesar 6,265 yang melebihi nilai ttabel (>1.984) hasil ini sesuai dengan kriteria dari uji t, dari hasil analisis koefisien determinasi 82% variasi minat menabung mahasiswa dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan. 3) Secara simultan, kepercayaan dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat menabung mahasiswa, ditunjukkan oleh nilai fhitung sebesar 225,651 lebih besar dari ftabel 3,09 hal tersebut sesuai dengan kriteria uji f secara simultan jika fhitung>ftabel maka disimpulkan suatu pengaruh signifikan, hasil analisis koefisien determinasi secara simultan 81,9% variasi minat menabung mahasiswa dapat dijelaskan oleh variabel kepercayaan dan kualitas pelayanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kepercayaan; kualitas pelayanan; minat menabung; bank umum syariah
Subjects: Financial Economics, Finance > Banks
Higher Education, Universities > Colleges
Business > Education, Research, Related Topics of Business
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ayu Cahyati
Date Deposited: 03 Jul 2025 02:50
Last Modified: 03 Jul 2025 02:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/110761

Actions (login required)

View Item View Item