Penerapan model Discovery Learning berbantuan Scratch untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Fluida Statis

Ismawati, Nur Aziza (2025) Penerapan model Discovery Learning berbantuan Scratch untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Fluida Statis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (763kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (398kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Scratch pada materi Fluida Statis. Metode yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model Discovery Learning berbantuan Scratch dan kelas kontrol yang hanya menggunakan menggunakan model Discovery Learning. Penilaian peningkatan keterampilan berpikir kritis menggunakan penilaian lembar pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning berbantuan Scratch pada kelas eskperimen memperoleh persentase rata-rata sebesar 86,8% untuk aktivitas guru, 86,2% untuk partisipasi peserta didik dan keterlaksanaan model Discovery Learning, pada kelas kontrol memperoleh persentase rata-rata sebesar 83,85% untuk aktivitas guru, 83,5% untuk partisipasi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran perindikator keterampilan berpikir kritis menggunakan model Discovery Learning berbantuan Scratch memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,63 dan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning tanpa menggunakan Scratch memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,57. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig (2-tailed) diperoleh hasil 0,047 < sig (0,05). Dengan demikian model Discovery Learning berbantuan Scratch terbukti lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dibandingkan dengan model Discovery Learning tanpa menggunakan berbantuan Scratch.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Discovery learning; Keterampilan Berpikir Kritis; Media berbantuan Scratch
Subjects: Education > Statistic of Education
Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur Aziza Ismawati
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:21
Last Modified: 03 Jul 2025 06:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111036

Actions (login required)

View Item View Item