Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pengaruhnya terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis: Penelitian quasi exsperiment terhadap siswa kelas X MAN 2 Kota Bandung

Firmansyah, Hamzah (2025) Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pengaruhnya terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis: Penelitian quasi exsperiment terhadap siswa kelas X MAN 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat memengaruhi pemahaman siswa pada materi Al-Qur’an Hadis. Penelitian ini berangkat dari permasalahan rendahnya tingkat pemahaman siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas X MAN 2 Kota Bandung, meskipun guru telah menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Model TSTS dipilih karena dianggap mampu meningkatkan partisipasi aktif, kolaborasi, serta pemahaman siswa secara mendalam melalui interaksi antarkelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasieksperimen. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model TSTS dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest untuk mengukur tingkat pemahaman siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t (independen). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pemahaman siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diterapkannya model pembelajaran TSTS. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, serta hasil uji-t yang menunjukkan signifikansi di bawah 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan pemahaman siswa dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model two stay two stray (tsts); pembelajaran kooperatif; pemahaman Siswa; Al-Qur'an Hadis; quasi experiment;
Subjects: Education > Statistic of Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hamzah Firmansyah
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:04
Last Modified: 23 Jul 2025 02:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113175

Actions (login required)

View Item View Item