Aktivitas peserta didik dengan menggunakan metode Iqra’ berbasis media Canva pada pembelajaran BTQ hubungannya dengan kemampuan membaca Al-Qur'an: Penelitian korelasional pada siswa kelas VII SMPN 52 Kota Bandung

Hakim, Arip Rachman (2025) Aktivitas peserta didik dengan menggunakan metode Iqra’ berbasis media Canva pada pembelajaran BTQ hubungannya dengan kemampuan membaca Al-Qur'an: Penelitian korelasional pada siswa kelas VII SMPN 52 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Scan Pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan membaca Al-Qur'an pada peserta didik di kelas VII SMPN 52 Kota Bandung. Hal ini berdasarkan pada rendahnya aktivitas peserta didik dalam mengikuti pembelajaran BTQ, seperti:peserta didik merasa gugup dan takut ketika di tes bacaan Al-Qur'an, kurangnya rasa fokus, dan kurangnya motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran BTQ. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Aktivitas peserta didik dalam menggunakan metode Iqra’ berbasis media Canva pada pembelajaran BTQ di kelas VII SMPN 52 Kota Bandung, 2) Kemampuan membaca Al-Qur'an pada peserta didik dalam pembelajaran BTQ di kelas VII SMPN 52 Kota Bandung, 3) Hubungan antara aktivitas peserta didik dalam menggunakan metode Iqra’ berbasis media Canva pada pembelajaran BTQ dengan kemampuan membaca Al-Qur'an pada peserta didik kelas VII SMPN 52 Kota Bandung. Penelitian ini berdasarkan atas pemikiran bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi keaktifan peserta didik dalam belajar adalah penggunaan kombinasi antara metode dengan media yang tepat terutama pada pembelajaran BTQ, sehingga menciptakan nuansa pembelajaran lebih interaktif dan hidup. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan yang signifikan antara antara aktivitas peserta didik dalam menggunakan metode Iqra’ berbasis media Canva pada pembelajaran BTQ dengan kemampuan membaca Al-Qur'an. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode korelasional. Sumber data responden berasal dari siswa kelas VII SMPN 52 Kota Bandung dengan populasi sebanyak 299 peserta didik, dan diambil 50 peserta didik yang dijadikan sebagai sampel. Alat pengumpul data meliputi: angket, tes, studi dokumentasi, studi pustaka, observasi, dan wawancara. Adapun tekhnik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis parsial perindikator, dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Aktivitas peserta didik dengan menggunakan metode Iqra’ berbasis media Canva pada pembelajaran BTQ 3,43 berkategori baik (3,40-4,19), 2) kemampuan membaca Al-Qur'annya 3,49 berkategori baik (3,40-4,19), 3) Hubungan antara aktivitas menggunakan metode Iqra’ berbasis media Canva dengan kemampuan membaca Al-Qur'an berkorelasi cukup yaitu 0,496, derajat kebebasan 49, tingkat korelasinya 25% dan 75%. Hasil uji hipotesis menunjukan t hitung 0,556 > t tabel 3,962, artinya (H0) ditolak dan (Ha) diterima yaitu terdapat hubungan antara aktivitas peserta didik dengan menggunakan metode Iqra’ berbasis media canva dengan kemampuan membaca Al-Qur'annya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; Peserta Didik; Kemampuan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arif Rachman Hakim
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:03
Last Modified: 30 Jul 2025 06:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113673

Actions (login required)

View Item View Item