Pengaruh penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian quasi eksperimen pada kelas X SMAN 1 Cileunyi Kabupaten Bandung

Sa'diah, Rizki Laratu (2025) Pengaruh penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian quasi eksperimen pada kelas X SMAN 1 Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Skbebasplagiarism.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Daftar Isi.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_Bab 1.pdf

Download (584kB) | Preview
[img] Text
6_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text
8_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB) | Request a copy
[img] Text
9_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text
11_Daftar Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Cileunyi, Bandung, yang dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagaimana teridentifikasi melalui wawancara dan observasi awal. Hasil temuan awal menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki minat belajar di bawah kriteria yang diharapkan. Rendahnya minat belajar tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya faktor lingkungan/masyarakat, keluarga, guru, dan faktor internal pada diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-experiment dan desain nonequivalent control group. Subjek penelitian melibatkan dua kelas X di SMAN 1 Cileunyi, yaitu kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan model IOC dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional (ceramah). Instrumen pengumpulan data berupa angket minat belajar siswa yang diberikan sebelum (pre-respond) dan sesudah (post-respond) pembelajaran pada kedua kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor minat belajar siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan signifikan dari 77,90 menjadi 91,40, sedangkan kelas kontrol hanya meningkat dari 77,87 menjadi 84,06. Secara kategoris, minat belajar siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan ke kategori “sangat tinggi”, sementara pada kelas kontrol sebagian besar tetap berada pada kategori “tinggi”. Berdasarkan hasil uji statistik dan pengamatan lapangan, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran IOC berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Model IOC terbukti efektif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, serta mendorong keterlibatan aktif siswa sehingga mampu meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inside Outside Circle; Minat Belajar Siswa; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Social Groups
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rizki laratu sa'diah
Date Deposited: 19 Aug 2025 01:40
Last Modified: 19 Aug 2025 01:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115224

Actions (login required)

View Item View Item