Yani, Tiara Fitri (2025) Pengaruh model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, And Share) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi perubahan lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (534kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftar isi.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab 1.pdf Download (308kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Kurangnya kemampuan dalam menganalisis masalah dan menentukan konsep yang tepat dalam menyelesaikan masalah. Sehingga peserta didik cenderung mengambil keputusan secara langsung tanpa memahami dan mengidentifikasi permasalahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model SSCS terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan desain non-equivalent control group, melibatkan 74 peserta didik kelas X semester genap tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian di kelas dengan model pembelajaran SSCS menujukkan hasil keterlaksanaan yang sangat baik dengan nilai aktivitas guru sebesar 85,11% dan peserta didik sebesar 80,95%. Terdapat kenaikan yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah peserta didik di kelas dengan model SSCS dengan nilai gain kelas eksperimen 27,16 dan pada kelas kontrol sebesar 21,21. Respon peserta didik terhadap pembelajaran materi perubahan lingkungan di kelas dengan model pembelajaran SSCS sangat baik dengan nilai sebesar 80,02%. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,045 (<0,05) yang memiliki arti bahwa H_(0 )ditolak dan H_1 diterima, sehingga model pembelajaran SSCS berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi perubahan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah; Model SSCS; Perubahan Lingkungan |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | TIARA FITRI YANI |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 07:46 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 07:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115483 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |