Muttaqien, Aria Wiguna (2025) Pengaruh penggunaan metode Pembelajaran Game Based Learning (GBL) berbasis proprofs quiz maker terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Qur'an Hadist: Penelitian quasi experiment siswa kelas VII di SMP Plus Bandung Timur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (379kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
|
![]() |
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
|
![]() |
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (758kB) |
|
![]() |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil observasi awal di SMP Plus Bandung Timur, yang menunjukkan bahwa metode PjBL meningkatkan hasil belajar Qur’an Hadits, namun penggunaannya secara terus-menerus menimbulkan kebosanan. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar dan penguasaan materi, terlihat dari 50% sebanyak 19 siswa dari populasi 39 siswa kelas VII belum mencapai KKM (70) dengan rata-rata nilai 66,36, sehingga diperlukan inovasi pembelajaran yang lebih menarik. Games Based Learning (GBL) berbasis ProProfs Quiz Maker merupakan inovasi pembelajaran teknologi yang menggabungkan unsur permainan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Game-Based Learning (GBL) berbasis ProProfs Quiz Maker, menganalisis hasil belajar siswa setelah penggunaan metode tersebut, serta mengukur pengaruhnya terhadap hasil belajar Qur’an Hadits siswa kelas VII. Inovasi pembelajaran ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan capaian kognitif siswa secara lebih efektif dibandingkan pendekatan PjBL yang telah berjalan. Berdasarkan teori yang digunakan, Metode Game Based Learning (GBL) merupakan strategi pembelajaran berbasis permainan yang dirancang untuk meningkatkan interaktivitas dan efektivitas proses belajar. Hasil belajar dipahami sebagai perubahan perilaku peserta didik melalui proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran, namun penelitian ini difokuskan pada hasil belajar ranah kognitif. Penelitian ini menggunakan metodelogi pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experiment. Dua kelas ditetapkan, kelas VII B sebagai kontrol (PjBL) dan kelas VII A eksperimen (GBL). Data dikumpulkan melalui observasi, tes pretest-posttest, dan analisis statistik menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketercapaian pembelajaran yang lebih signifikan pada kelas eksperimen: dari 74% (“Cukup”) menjadi 94% (“Sangat Baik”), dibandingkan kelas kontrol yang hanya meningkat dari 75% (Cukup) menjadi 84% (Baik). Rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen mencapai 77,47 (kategori tinggi), dengan siswa menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif signifikan. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan metode GBL berbasis Proprofs Quiz Maker berpengaruh signifikan terhadap meningkatkan hasil belajar siswa, dengan nilai signifikansi 0,018 (< 0,05) dalam uji statistik Mann-Whitney non parametrik. Selain hasil belajar kognitif, metode ini juga meningkatkan motivasi dan interaksi siswa. Dengan demikian, metode pembelajaran Games Based Learning berbasis Proprofs Quiz Maker efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadist.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Games Based Learning; Proprofs Quiz Maker; Hasil Belajar; Qur’an Hadist |
Subjects: | Analysis, Theory of Functions > Other Analytic Methods Indoor Game and Amusements > Games of Action |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aria Wiguna Muttaqien |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 06:53 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 06:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116781 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |