Hidayat, Alpian (2025) Representasi elemen jurnalisme pada film The Post: Analisis semiotika Roland Barthes dalam film The Post. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (489kB) | Preview |
|
![]() |
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (708kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) | Request a copy |
Abstract
Film tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai media penyampai pesan dan kritik sosial yang dapat memengaruhi cara pandang penonton. Film The Post, yang diangkat dari kisah nyata pengungkapan dokumen Pentagon Papers, menggambarkan konflik antara kebebasan pers dan kekuasaan, serta merefleksikan nilai-nilai utama dalam praktik jurnalisme. Penelitian ini bertujuan mengungkap representasi elemen jurnalisme dalam film The Post menggunakan semiotika Roland Barthes. Pendekatan ini dipilih karena mampu menggali makna harfiah, kultural, dan ideologis yang membentuk nilainilai jurnalisme dalam visual film. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes yang mencakup tiga tingkat makna: denotasi, konotasi, dan mitos. Denotasi adalah makna dasar yang merujuk pada realitas yang disepakati secara sosial. Konotasi adalah makna tambahan yang bersifat kiasan dan terbuka untuk berbagai penafsiran. Sementara itu, mitos merupakan makna ideologis yang dibentuk oleh budaya dan kepercayaan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan analisis semiotika Roland. Data diperoleh melalui observasi langsung terhadap film The Post, kemudian dipilih sembilan adegan utama yang paling merepresentasikan prinsip-prinsip jurnalisme. Selanjutnya, tiap adegan dianalisis berdasarkan struktur tanda Barthes untuk mengungkap makna tersirat dan ideologi yang dibentuk dalam narasi film. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film The Post merepresentasikan elemen jurnalisme, mulai dari kebenaran, verifikasi, independensi, hingga tanggung jawab moral terhadap publik. Tokoh-tokoh dalam film, seperti Ben Bradlee dan Katharine Graham, digambarkan menjalankan prinsip jurnalistik dengan keberanian menghadapi tekanan kekuasaan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa film The Posttidak hanya menyajikan kisah sejarah, tetapi juga menampilkan nilai-nilai jurnalisme secara simbolik, serta membantu memahami peran penting media dalam menjaga demokrasi dan kebebasan pers.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Film; Elemen Jurnalisme; Semiotika Roland Barthes |
Subjects: | Journalism and Newspapers in Central Europe Education, Research Education, Research |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | alpian hidayat |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 08:15 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 08:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120718 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |